Jejak Terkini

20 Orang ASN Kemenag Dites Urine

TES URINE: Jajaran BNK Lotim melaksanakan tes urine bagi ASN Kemenag Lotim.

SELONG
--Dalam rangka pemberantasan narkotika di Kabupaten Lombok Timur, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) setempat melaksanakan tes urine terhadap sejumlah ASN. 

Kali ini, sebanyak 20 orang ASN yang bertugas di lingkup Kementerian Agama (Kemenag) Lotim dilakukan tes urine, Senin (28/12).

PLH Kalakhar BNK Lombok Timur, Hendry Christianto melalui Kasi Pemberantasan, M Ridwan mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka penjaringan pengguna narkotika di lingkup ASN Lotim. 

Dia mengaku, tes urine kali ini sudah dilakukan sebanyak lima kali di beberapa instansi. Namun begitu, hasil sementara belum ditemukan adanya ASN yang terkonfirmasi positif menggunakan barang haram tersebut.

"Ini kegiatan kita yang ke lima kali. Namun dari lima instansi itu belum ada yang positif menggunakan narkotika," ucapnya.

Dia menyebutkan, target pada tahun ini ialah 2 persen dari jumlah ASN di Lotim. Sisanya akan dilanjutkan pada tahun 2021 dengan target 3 persen. 

Belum diketahui secara pasti efektivitas hasil tes urine. Meski dilakukan secara acak, namun sistem rekomendasi peserta tes urine oleh OPD terkait masih meragukan hasil maksimal. 

Dia berharap, para ASN tidak takut dengan adanya program ini. Jika kedapatan, lanjutnya, korban pengguna akan diserahkan ke dinas terkait untuk dilkukan pembinaan. Berbeda dengan pengedar, akan diberikan sanksi.

"Jika kedapatan, kita akan kembalikan ke kantornya untuk dilakukan pembinaan," tutupnya. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar