Jejak Terkini

Tiga Perjuangan Maulana Syeikh yang Menjadikannya Pahlawan

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy didampingi Sekda Lotim, H Juaini Taofik.

SELONG
--Momentum peringatan Hari Pahlawan 2020 punya makna sendiri bagi Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy. Secara khusus ia membeberkan tiga jasa perjuangan Maulana Syeikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid sebagai pahlawan.

Kiprah dalam dibidang pendidikan dan dakwah disebutnya menjadi salah satu unsur penting menjadi pertanda diakuinya sosok pendiri NW itu sebagai pahlawan nasional.

Perjuangan Maulana Syeikh dalam dunia pendidikan disebutnya begitu banyak. Ribuan sekolah berlebel Nahdlatul Wathan (NW) sebagai bukti fisik perjalanan sang pahlawan berkiprah di dunia pendidikan.

Sebagai murid langsung pahlawan nasional itu, Bupati Sukiman mengakui loyalitas gurunya dalam dunia sosial. Tak heran jika ia mengaku belajar banyak dari cara sang pahlawan bersikap kepada masyarakatnya. 

"Mencari, bukan dicari merupakan salah satu sikap Maulana Syeikh yang saya anggap sangat menyentuh dan masih menjadi pesan yang melekat dalam benak saya hingga saat ini," ucapnya, Selasa (10/11).

Ia menuturkan, selama menjadi santri di NW, tak jarang ia melihat sang guru mendatangi langsung masyarakatnya. Perjuangan Maulana Syeikh yang satu inilah yang dianggap paling menyentuh hatinya.

Tiga jejak jasa Maulana Syeikh dalam pengabdiannya kepada masyarakat yakni dibidang sosial, pendidikan dan dakwah. Ketiga jejak perjuangan inilah yang disebutnya mengantarkan sosok itu pantas menjadi Pahlawan Nasional.

Karena itu, ia berharap masyarakat dapat meningkatkan toleransi, menumbuhkan kebersamaan dan kepedulian sosial. Hal itu berdasarkan gambaran dari perjuangan sang pahlawan untuk memperjuangkan muda-mudi bangsa Indonesia. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar