Iklan

terkini

Saksikan Harmoni Pluralisme, Jalal Mirzayev Nikmati Keindahan Lobar

Jejak Lombok
Thursday, November 26, 2020, Thursday, November 26, 2020 WIB Last Updated 2020-11-26T11:19:30Z

TAKJUB: Dubes Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mizayev mengaku takjub dengan keindahan Lombok Barat saat didampingi Kadispar Lobar, H Saiful Ahkam.

GERUNG
--Suasana kerukunan umat beragama di Lombok Barat membuat Duta Besar Azerbaijan, Jalal Mizayev terkesima. Selain harmoni kerukunan beragama, ia juga kagum keindahan daerah ini.

Sebelum bertemu Bupati Lombok Baraylt, H. Fauzan Khalid, Mirzayev mengunjungi salah satu sestinasi wisata di daerah ini. Destinasi itu yakni Taman Narmada.

Selama hampir satu jam, Mirzayev didampingi Kepala Dinas Pariwisata Saepul Akhkam dan jajarannya. Iaa berkeliling di taman seluas hampir 7 hektar tersebut.

Kunjungan ke Taman Narmada ini juga menjadi area pembanding harmoni pluralisme di Indonesia. Begitu juga dengan kebhinekaan yangb ditunjukan masyarakatnya.

Di Taman Narmada, ia juga menikmati sajian pagelaran kesenian. Diantara sajian yang disuguhkan yakni musik kolaborasi antara gamelan, gendang beleq, musik modern, serta harmonisasi tari rebong dan fashion show baju adat sasak. 

Atraksi semacam ini akan lebih sering digelar Dispar Lobar tidak hanya di Taman Narmada, tapi juga di berbagai kawasan seperti Lingsar, Senggigi, Sekotong, Gerung, dan lainnya.

"Ini adalah kunjungan pertama saya ke Lombok. Saya suka tempat ini dan saya suka musiknya," ucap Mizayev.

Di Taman Narmada, ucapnya, ia akan berkeliling serta mendiskusikan beberapa hal tentang kemungkinan investasi. Kemungkinan investasi itu melibatkan Pemerintah Azerbaijan dan Pemkab Lobar.

Murzayev pun mengaku sangat senang berada di Lobar. Ia berjanji akan kembali di masa datang dan mengeksplorasi keindahan daerah Patut Patuh Patju tersebut.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memperkuat kerjasama kita dan Insya Allah tahun depan saya dapat melakukan perjalanan atau lawatan lagi dan kita dapat mendiskusikan secara detail apa yang akan kita lakukan," lanjutnya.

Kedatangan Duta Besar Jalal Mirzayev sangat diapresiasi Kepala Dispar Lobar Akhkam. Ia berharap kunjungan Mirzayev dapat menjadi angin segar di sektor pariwisata Lobar kedepannya.

Apalagi Mirzayev dan rombongan direncanakan dapat menyempatkan diri mengunjungi kawasan Sekotong. Praktis, pemikirannya untuk menarik minat investor dari Azerbaijan semakin terbuka.

"Banyak hal yang kita diskusikan, ini menjadi kunjungan yang sangat luar biasa bagi Pemkab Lobar. Kami kemudian memfasilitasi bertemu dengan bupati, Kamar Dagang Indonesia (Kadin), bertemu juga dengan OPD," jelasnya.

Dari pertemuan tersebut, ada pembicaraan-pembicaraan yang sangat penting untuk membangun kerjasama baik di bidang investasi, pendidikan kemudian ekonomi. Terutama pengembangan pariwisata ke depan, di mana Azerbaijan memiliki sejarah cukup panjang di bidang keintelelektual keislaman. 

Kata Ahkam, dengan 97 persen warga yang muslim dan Lobar sekitar 87-92 persen menjadi penguat untuk membangun kerjasama kepariwisataan.

"Akhirnya Duta Besar kita harapkan bisa menjadi endorsment yang mengedorse kepariwisataan di Lombok Barat kepada negara-negara internasional," pungkasnya. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Saksikan Harmoni Pluralisme, Jalal Mirzayev Nikmati Keindahan Lobar

Terkini

Iklan