Iklan

terkini

Pemprov NTB Siap Berikan Layanan Kesehatan yang Baik

Jejak Lombok
Thursday, November 19, 2020, Thursday, November 19, 2020 WIB Last Updated 2020-11-19T01:50:13Z

KUNJUNGAN: Wagub NTB, Hu Sitti Rohmi Djalillah saat menerima kunjungan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden RI.

MATARAM
--Pemprov NTB ingin melakukan berbagai upaya agar masyarakat mampu menerima pelayanan kesehatan dengan baik. Layanan ini terkait tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Semua kita upayakan, sehingga alhamdulillah hingga saat ini kita dorong untuk membenahi data," jelas Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah ketika menerima Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden RI di Ruang Rapat Anggrek, Rabu (18/11).

Kunjungan yang dilakukan oleh staf ahli ini dalam rangka monitoring dan evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan upaya perlindungan korban kekerasan seksual.

Wagub mengatakan NTB saat ini pihaknya sedang berbenah terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dimiliki Dinas Sosial. Kedepannya harus selaras dengan data BPJS. Pemprov menginisiasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk melakukan validasi data.

"Mudah-mudahan dengan perbaikan data ini, diharapkan tidak ada lagi istilah masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan," jelas Wagub.

Intinya, lanjut Wagub, Pemprov NTB sangat berkomitmen dalam melayani masalah kesehatan untuk masyarakat. Komitmen ini khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu.

Wagub dalam kesempatan ini juga menyampaikan terkait kekerasan seksual pada perempuan dan anak. Menurut Wagub, edukasi adalah sumber yang harus terus didorong dan memberdayakan fasilitas yang dikira mampu untuk masuk dalam kurikulum di sekolah.

Kedepan, seluruh Posyandu di NTB akan menjadi Posyandu Keluarga. Dimana Posyandu Keluarga ini bukan hanya bagi bayi dan ibu hamil tetapi akan melayani bayi hingga lansia.

"Jadi, permasalahan kesehatan dan sosial yang ada di tingkat dusun bisa tertangani dari sisi edukasi melalui Posyandu. Tidak semata membahas tentang kesehatan tetapi lingkungan bahkan pernikahan anak," ungkap Wagub.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Aditya Syarief mengaku terkesan dengan dengan program-program yang dimiliki oleh Pemprov NTB. Pada kunjungannya ini, ia akan melakukan pemantauan dan evaluasi terkait program prioritas presiden dan khususnya monitoring pada kebijakan dan janji-janji presiden.

"Dalam agenda kali ini, monitoring pelaksanaan dengan skala nasional. Kedua, terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penanganannya seperti apa. Selain itu juga bagaimana kita mensinergikan agenda pusat dan daerah untuk 5 tahun kedepan," jelasnya. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemprov NTB Siap Berikan Layanan Kesehatan yang Baik

Terkini

Iklan