Duta Wirausaha Muda Harus Jadi Inspirator Anak Muda NTB



MATARAM
-- Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, berharap Duta Wirausaha Muda dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di NTB. Menurutnya menjadi pengusaha merupakan bagian dari cara berkontribusi dalam pembangunan. 

"Saya ingin, orientasi anak muda itu tidak hanya menjadi aparatur sipil negara, tapi memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha agar sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara," kata Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB, saat membuka Malam Penganugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB 2020, yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB, Rabu (25/11) di Lombok Astoria, Mataram.

Bagi Doktor Zul, memilih wirausaha muda yang juara I atau duta wirausaha dalam kontestasi ini bukan tujuan utamanya. Melainkan event ini harus  mampu  menginspirasi dan menyemangati banyak anak muda di NTB dan Indonesia untuk berani berwirausaha. 

“Tantangan dewan juri adalah harus benar memilih wirausaha muda yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” jelas mantan ketua senat UI yang didampingi Koordinator International Council for Small Business (ICSB) Perwakilan NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati. 

Lebih jauh Doktor Zul meminta agar finalis duta wirausaha muda dapat menjadikan kompetisi ini sebagai titik awal untuk tetap berkarya dan memberikan inspirasi bagi wirausaha muda yang lain.

Ia menjelaskan bahwa fungsi pemerintah dalam dunia usaha adalah sebagai fasilitator  dan regulator. Sedangkan dunia usahalah menjadi mesin ekonomi yang menyediakan lahan pekerjaan, mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kapasitas SDM.

Pemerintah daerah akan terus mensupport agar usaha-usaha kreatif anak muda di NTB terus berjalan dalam lingkungan yang nyaman dan aman. 

Sementara itu, Koordinator ICSB Wilayah NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, mengapresiasi antusiasme pengusaha  muda NTB dalam kompetisi wirausaha muda ini. 

"Saya ingin menyampaikan rasa bangga saya yang luar biasa kepada para finalis, yang hari ini hadir bersama kami. Anda adalah orang-orang luar biasa,” kata Bunda Niken sapaan akrabnya.

Bunda Niken meminta anak muda di  Nusa Tenggara Barat dapat tampil dan terus berinovasi untuk menjadi eunterprenership dan membangun UKM. Ia berharap dengan semangat dan kesungguhan ini Provinsi NTB dengan anak-anak mudanya dapat menjadi kebanggaan Indonesia.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Penganugerahan Wirausaha Muda NTB tahun 2020, Indah Purwaningsih, mengatakan, peserta anak muda dengan kategori umum dan pelajar ini merupakan sepuluh besar yang masuk dalam finalis.

Sepuluh besar wirausaha ini, telah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Dari 440 wirausaha muda yang mendaftar se-NTB, sudah disaring melalui 3 tahapan seleksi. Diantaranya, tahap pertama seleksi kelengkapan administrasi, tahap kedua deep interview, tahap ketiga coosing bisnis selama 3 hari.

"Jadi benar-benar melalui seleksi yang ketat," katanya.

Proses seleksi ini, akhirnya mendaulat 10 finalis tersebut. Setelah itu jelasnya, akan ditentukan 3 terbaik untuk kategori umum dan pelajar, yang akan menjadi Duta Wirausaha Muda NTB.

"Mereka ini dapat menjadi inspirasi bagi wirausaha muda lainnya," ucapnya.

Proses penentuan duta wirausaha muda NTB tahun 2020, dinilai secara ketat oleh para juri yang terdiri dari Koordinator ICSB NTB,  ICSB Pusat, Kadis Perdagangan NTB, Kepala Kadin NTB, Dosen Fakultas Ekonomi Unram.

Wirausaha muda  Wiwin Suryani, pemilik UKM Kopi Punik Sumbawa berhasil menjadi Duta Wirausaha Muda NTB 2020 kategori Umum. Sementara juara 1 kategori pelajar diraih oleh Ilham Ariadi pelaku UKM Kedai Terserah.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan BI, BRI, BNI, Pimpinan OJK, IWAPI,  IPEMI,  HIPMI NTB dan Top Ten Wirausaha muda se-NTB tahun 2020. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar