Jejak Terkini

Berwisata Religi? Ke Taman Sari Gandari Aja

TOLERANSI: Di Taman Sari Gandari pengunjung akan menemukan suasana semangat toleransi.

GERUNG
–Taman Sari Gandari merupakan destinasi wisata baru yang masuk dalam kawasan wisata Desa Narmada. Di taman ini ada berapa sumber daya alam yang dimiliki. Mulai dari sumber mata air yang banyak, persawahan yang luas dengan sawah terasering.

Di sini juga ada perkebunan manggis jaman kerajaan, bangunan supensi air (betonan) pada jaman belanda dan ada Pura Kaweri. Pura ini didesain cantik dengan taman-taman indah, dikelilingi kolam ikan sehingga pada saat berada di tempat ini seolah-olah berada tengah danau. Lokasi wisata ini berada Dusun Gandari, Desa Narmada, Kecamatan Narmada.

Pengelola Taman Sari Gandari Ketut Suweca saat ditemui JEJAK LOMBOK, Rabu (11/11) mengatakan, dari potensi alam tersebut ia berinisiatif membuat lokasi wisata desa. Dari proses itulah terbentuk Taman Sari Gandari ini.

"Untuk saat ini yang menjadi prioritas pemuda kita adalah menjalankan wisata religi dengan penataan Pura Kaweri yang cukup indah. sehingga bisa mendatangkan tamu yang mengadakan tirta yatra atau sembahyang di Pura Kaweri," katanya.

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan pengunjung berwisata ke Taman Sari Gandari, pihak pengelola mengadakan sebuah event hunting bareng (hunbar) 2020 dengan fotografer dan phonegrafer. Dengan diadakan hunbar ini untuk mengenalkan taman sari gandari yang bisa dikunjungi oleh pengunjung baik tamu mancanegara maupun lokal. 

"Dari kegiatan ini, kita mengangkat tema keragaman dalam kebersamaan untuk meningkatkan nilai toleransi antar umat beragama," tuturnya.

Dia menyebut, di Taman Sari Gandari ini tersedia fasilitas penunjang bagi pengunjung berupa pemadian umum, pemandian sakral (pelukatan) bagi umat hindu. Ada juga kolam hias, berugak dan kuliner seperti pelecing, nasi lindung, nasi campur dan es buah.

Ia berharap kedepan destinasi wisata taman sari gandari lebih terkenal dan ramai dikunjungi oleh para tamu untuk berwisata sekaligus sembahyangan. (and)

Posting Komentar

0 Komentar