Iklan

terkini

Aislah: Kedai Kopi Karya Anak SMKN 1 Sakra

Jejak Lombok
Tuesday, November 10, 2020, Tuesday, November 10, 2020 WIB Last Updated 2020-11-10T14:31:33Z

TINJAU: Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah saat meninjau AisLah Kopi SMKN 1 Sakra.

SELONG
-- Aktivitas Istimewa Sekolah (AisLah) merupakan salah satu program unggulan Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Sakra Lombok Timur. Oleh pihak sekolah, program ini ditujukan untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha pada siswanya.

Untuk mengawali program ini, SMKN 1 Sakra meluncurkan usaha pertamanya berupa kedai kopi yang diberi nama Aislah Maik Gati. Di tempat ini, para muda-mudi nantinya dapat menikmati kopi lokal asli racikan siswa dengan berbagai varian rasa. 

Tidak hanya itu, para siswa juga menyediakan inovasi olahan hasil pertanian lainnya yang dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, oleh pihak sekolah, olahan dalam bentuk cemilan dan lainnya dipastikan tidak menghilangkan budaya lokal.

Salah satunya cemilan temerodok. Pada cemilan itu terkandung tiga makna yang dapat digali oleh pembeli sembari menikmatinya. 

"Olahan cemilan ini memiliki makna tersendiri. Dimulai dari mempertahankan budaya hingga menghidupi petani," ucap Kepala SMKN 1 Sakura, Ahmad Suhamka, Selasa (10/11).

Kedepan, tidak hanya unit usaha yang akan dibangun. Namun penyediaan untuk menampung hasil pertanian dan mesin hasil inovasi siswa akan diberikan ruang untuk dipajang. 

"Kedepan kita akan aloksikan ruang untuk memajang hasil pertanian dan inovasi siswa berupa mesin pemipil jagung," tutupnya. (hs)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Aislah: Kedai Kopi Karya Anak SMKN 1 Sakra

Terkini

Iklan