Iklan

terkini

Sang Ayah Berharap Samsul Irawan Segera Ditemukan dan Selamat

Jejak Lombok
Wednesday, October 28, 2020, Wednesday, October 28, 2020 WIB Last Updated 2020-10-28T06:53:32Z

PENCARIAN: Tim SAR masih mencari Samsul Irawan yang hilang terseret arus sungai.

GERUNG
–Tim SAR masih terus berupaya melakukan pencarian korban yang hanyut terbawa arus sungai di air terjun Tibu Atas, Dusun Batu Asak, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada yang terjadi Selasa (27/10) siang kemarin.

Samsul Irawan (17) warga Desa Bunut Baok, Kecamatan Praya yang merupakan salah seorang santri di Ponpes Attamimy Praya, saat itu hendak membantu temannya yang sempat terbawa arus sungai karena tidak bisa berenang. Namun nasib berkata lain, Samsul justru menjadi korban yang terseret arus sungai karena kelelahan setelah berusaha menolong temannya. Hingga kini, dirinya belum ditemukan.

"Saya berharap anak saya bisa segera ketemu dalam keadaan selamat," ucap sang ayah, Samsul Rizal, sembari duduk dan terus berdo'a di tepian sungai melihat tim SAR yang berupaya menyusuri sungai.

Dirinya menuturkan bahwa tidak seperti biasanya Samsul Irawan tidak memberi kabar kepadanya saat hendak bepergian bersama rombongan dari pondok pesantren tempatnya menimba ilmu, Selasa (27/10) kemarin.

"Tumben dia ndak bilang sama saya, dulu-dulu kalau ada acara, atau pergi ke rumah teman, saya selalu dikasih tau," tuturnya.

Namun, dirinya hanya bisa berdo'a dan berharap agar anaknya dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat, serta tim SAR yang melakukan pencarian juga diberi kemudahan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Mataram, Nanang Sigit PH saat ditemui Jejak Lombok di lokasi pencarian, menyebut bahwa hingga saat ini tim SAR gabungan terus melakukan upaya pencarian, baik dengan menyelam dan menyusuri sungai.

"Pada hari kedua ini, kita masih sama seperti kemarin, yaitu melaksanakan penyelaman di lokasi tempat jatuhnya korban dan juga kita melakukan penyisiran di alur air terjun," paparnya.

Namun, hingga siang ini korban masih belum berhasil ditemukan. Dan Tim SAR gabungan mulai dari Basarnas, unsur TNI-Polri, BPBD, Tagana, beserta pihak pengelola dan masyarakat sekitar masih terus melakukan pencarian.

"Kendalanya air sungai deras dan keruh setelah hujan. Warnanya keruh, kita agak kesulitan untuk melihat pada saat penyelaman karena di dalam air gelap," ungkapnya.

Namun dirinya berharap, kendala tersebut tidak menjadi permasalahan berarti yang bisa menghambat proses pencarian. 

"Penyisirannya sudah kita lakukan sejauh sekitar 2 kilo meter dari lokasi awal korban berenang," sebutnya.

Tim SAR gabungan kini tengah menyisir melalui perairan sungai, maupun pinggiran sungai. 

"Mudah-mudahan hari ini bisa ditemukan. Tetapi kalau tidak, kita akan memperpanjang pencarian dari area awal. Standar pencarian kami itu 7 hari, tapi semoga sebelum 7 hari korban bisa ditemukan," harapnya.

Basarnas telah menerjunkan 10 orang anggotanya untuk melakukan pencarian disekitar lokasi. Akan tetapi anggota lainnya juga yang ditugaskan untuk siaga khusus untuk memantau lokasi wisata di musim cuti bersama ini untuk mencoba membantu melihat di titik-titik yang menjadi aliran air terjun Tibu Atas tersebut, di wilayah Mataram dan Ampenan. (and)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sang Ayah Berharap Samsul Irawan Segera Ditemukan dan Selamat

Terkini

Iklan