Jejak Terkini

PMII Refleksi Hari Kesaktian Pancasila, Ini Yang Disampaikan Kasrem 162/WB

BERPOSE: Segenap pemateri dan narasumber dalam Dialog Kebangsaan terkait Hari Kesaktian Pancasila berpose bersama.

MATARAM
--Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Mataram menggelar kegiatan Dialog Kebangsaan Refleksi Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Rabu (7/10).

Kegiatan bertema Membumikan Nilai-nilai Dasar Pancasila sebagai Pedoman Berbangsa dan Bernegara itu diikuti seluruh kader serta pengurus cabang PMII se-Kota Mataram. Dimana dalam kesempatan itu bertindak sebagai narasumber yakni Kasrem 162/WB, Ketua DPRD Kota Mataram, dan Wakil Rektor 3 Universitas NU NTB.

Dalam paparannya, Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan menyampaikan tentang peran dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara. Dimana Pancasila menjadi dasar dan sumber hukum dalam penyelenggaraan negara, Pancasila juga sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya," terangnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup, sambung Kasrem, merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara. Tujuannya agar dapat berdiri kokoh, tidak terombang-ambing oleh keadaan apapun termasuk dalam era globalisasi dewasa ini.

Selain itu, untuk mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa. Pancasila sebagai ideologi bangsa disebutnya juga menjadi landasan berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sedangkan Pancasila sebagai tujuan hidup, memberikan pemahaman kepada manusia dalam bertingkah laku dan bertindak melalui etika moral dan etika sosial," sambungnya.

Selain itu, Kolonel Made Kariawan juga menerangkan tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari falsafah Pancasila. Nilai-nilai itu meliputi nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi dan Wakil Rektor 3 Universitas NU NTB Dr Irfan Suriadiata SH MH menyampaikan tentang pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tiap-tiap sila dari Pancasila. Memahami serta mengamalkan nilai-nilai itu sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mengahadapi arus tranformasi global yang semakin komplek.

Sementara itu, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani di sela-sela kegiatan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para kader PMII yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya bangga dengan adik-adik masih mau membahas Pancasila. Ini sesuatu yang luar biasa,” tandasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan sampai dengan sesi tanya-jawab berjalan tertib. Selain itu, tetap berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar