Pasar Harus Tetap Jaga Kebersihan

NILAI: Tim penilai sedang turun menilai kondisi kebersihan di Pasar Tanjung.

SELONG
--Pasar Tanjung Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur dinilai kebersihannya. Penilaian ini bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020.

Tim penilai Haerus Febrian mengatakan dalam menilai ada beberapa indikator yang ditekankan. Salah satunya, pasar harus meyediakan fasilitas air bersih, bagaimana pasar menata pola bangunan.

"Pengelolaan sampah juga dijadikan indikator penilaian," ungkapnya, Rabu (28/10).

Selain itu, Febrian juga mengingatkan orang-orang yang ada di pasar harus menerapkan protokol kesehatan covid-19. Pasar harus meyediakan tempat menyuci tangan, dan pihak pasar harus mengajarkan orang yang datang ke pasar mencuci tangan dengan benar dan  mengimbau tetap mengunakan masker. 

"Kepala pasar harus tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan harus semua orang  mengunakan masker," jelasnya.

Ia juga tegaskan, bagaimana kepala pasar tetap menyiasati supaya orang tidak bertumpuk-tumpuk dan selalu tetap menjaga jarak. Kepala pasar harus memperbayak sarana informasi dan edukasi untuk masyarakat agar ikut menjaga kebersihan.

Lewat langkah ini, lanjutnya, bukan saja petugas kebersihan saja yang membersihkan sampah. Di samping itu, sarana prasarana yang ada di pasar juga harus mendukung dan imbaun tentang covid juga harus tetap dijalankan. 

Senada, Kepala Pasar Tanjung Aklim Saupi menyebutkan, dimasa covid ini diharapkan para pedagang tetap menjaga kebersihan. Pedagang juga menyiapkan tempat cuci tangan, mengimbau semua masyarakat yang ada di pasar selalu menggukan masker dan menjaga jarak. 

"Kami dimasa-masa covid ini mengutamakan kebersihan dan penempatan para pedagang supaya lebih teratur," katanya.

Lajutnya ia katakan dari tim penilai juga memberikan masukan kepada kepala pasar untuk membuat sebentuk papan penujuk arah. 

"Untuk kedepanya apa ynag menjadi masukan dari tim penilai tersebut kita akan lakuan secepatnya" tutupnya. (cr-zaa) 

Posting Komentar

0 Komentar