Jejak Terkini

Internet Desa Pintar Segera Diluncurkan

Ahmad Masfu'

SELONG
--Program Desa Pintar di Lombok Timur segera diluncurkan. Program ini dihajatkan agar semua desa bisa mengakses fasilitas internet.

Kepala Dinas Kominfo Lotim Ahmad Masfu mengatakan, program internet desa pintar sejauh ini sudah terbangun 28 titik tower tri angel. Tower tersebut disebar di wilayah Lotim. 

"Namun saat ini pihak kami sedang dalam pemasangan akses point untuk 254 desa-desa dan 1 dusun atau 1 RW yang sedang berjalan," ungkapnya, Selasa (27/10). 

Rencanany, program ini akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober besok. Pada saat peluncuran, akan dilakukan streaming dengan 100 desa di Lotim

"100 desa ini nantinya akan membuktikan kalau internet sudah on yang memang diharapakan masyarakat," jelasnya.

Setelah diluncurkan, jelasnya, masyarakat bisa gratis internet selama sebulan. Seiring proses ujicoba itu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait kekurangan dan hambatan yang dihadapi.

Berikutnya di bulan kedua, bebernya, Kominfo akan meluncurkan voucher kuota murah. Voucher itu dinamakan Lotim Net dengan harga sekitar Rp 32 ribu unlimitid selama 1 bulan. 

Untuk mendapatkan voucher internet itu, sambungnya, masyarakat bisa membeli di Bumdes. Bisa juga dibeli di pondok pesantren atau karang taruna dan kelompok masyarakat lainnya yang telah ditunjuk.

"Bahkan di perorangan juga bisa," jelasnya.

Terkait kecepatan yang diberikan di internet desa pintar ini, dipastikan sangat signifikan. Masyarakat tidak perlu khawatir terkait kemungkinan jaringan internet yang lelet.

Selama ini, terangnya, tidak sedikit wilayah di Lotim yang terkendala sinyal buruk. Kondisi ini sangat berdampak bagi banyak sektor, seperti pariwisata. Alhasil, kerap kali wisatawan merasa terganggu dengan kondisi tersebut.

Di harapkan dengan adanya internet ini masyarakat bisa memamfaatkannya dengan baik. Di lain sisi, dengan adanya internet ini bisa menjadi pemasukan untuk desa maupun pemerintah daerah dari penjualan kuota tersebut. (cr-zaa) 

Posting Komentar

0 Komentar