Iklan

terkini

Di Hadapan Pelaku Wisata Snorkling, Dispar Lobar Gaungkan #KeSekotongAja

Jejak Lombok
Monday, October 26, 2020, Monday, October 26, 2020 WIB Last Updated 2020-10-26T11:06:58Z

MENAWAN: Keindahan kawasan Pantai Sekotong dipastikan sanggup menawan siapa saja yang mengunjunginya.

GERUNG
--Keindahan wisata bahari di kawasan Sekotong, Lombok Barat sanggup membuat siapa saja berdecak kagum. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu andalan obyek wisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Lobar, H Saepul Ahkam mengatakan, Sekotong merupakan daerah di bagian selatan Lombok yang mempunyai kekayaan laut dan pantai yang sangat mempesona. Pasir putih, laut jernih hingga alam yang bersih bisa langsung dinikmati sekaligus di banyak titik di kawasan ini. 

Lontaran itu diucapkan saat pelaksanaan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Snorkeling di Hotel Cocotinus Sekotong pagi tadi, Senin (26/10).

Atas dasar itu, lanjutnya, merupakan momentum untuk menyelenggarakan promosi yang terus menerus di kawasan Sekotong. Hal itu diucap di hadapan sekitar 40 peserta pelatihan yang merupakan para pelaku wisata snorkeling yang ada di Lobar. 

"Kalau di Senggigi ada tagline #AyoKembaliKeSenggigi, maka untuk kegiatan-kegiatan kita di Sekotong, kita sudah siapkan tagline #KeSekotongAja," ungkapnya.

Dengan keindahan dan potensi yang dimiliki, tidak heran jika Sekotong menjadi salah satu wisata primadona, khususnya dalam wisata bahari. 

Budiman, salah seorang peserta yang juga merupakan pengurus boatman di daerah Sekotong Barat sempat mengungkap potensi kekayaan laut Sekotong di sela-sela pelatihan. 

"Potensi terbesar untuk pariwisata Sekotong ini adalah wisata bahari. Yang paling kami jual itu wisata underwaternya, di situlah memang potensi terbesar kami yang di Sekotong," ucap Budi sapaan akrabnya. 

MEMUKAU: Pemandangan bawah laut sanggup memukau para penyelam.

Menurut Budi kekayaan bawah laut Sekotong tidak kalah dari destinasi wisata lainnya di Indonesia. Belum lagi beragam coral, hingga ke penangkaran penyu, semua potensi itu sudah bisa dinikmati di Sekotong.

"Kita mau cari apa di Sekotong? Spesies, kalau dibanding dengan yang di Raja Ampat, bahkan ada beberapa divers profesional itu malah menemukan spesies yang tidak ditemukan di Raja Ampat," ungkapnya. 

Lebih-lebih lagi, Sekotong juga mempunyai pulau-pulau kecil (gili) yang sudah sangat terkenal. Pulau-pulau kecil seperti Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Tangkong sampai sekarang masih menjadi mayoritas tujuan kunjungan di Sekotong.

Di kawasan Sekotong sendiri tercatat sebanyak 23 gili. Dari banyak Gili yang ada, belum sepenuhnya semua gili itu tereksplor.

Karena itu, ia berharap sentuhan-sentuhan dari pihak pemerintah seperti adanya pelatihan untuk pengembangan SDM seperti yang dilakukan Dispar Lobar. Sentuhan ini nantinya diharap bisa memberikan perkembangan untuk destinasi-destinasi wisata yang ada di Sekotong. 

"Hingga di saat kita merujuk tentang manfaat pelatihan sekarang ini tentu menjadi sangat bermanfaat bagi kami (para pelaku)," lanjutnya mengomentari pelatihan pagi tadi. 

Ia juga berharap dengan adanya pelatihan ini, para pelaku wisata khususnya di bidang snorkeling dan diving yang ada di Sekotong bisa menjadi bagian dari tenaga ahli yang dibutuhkan oleh akomodasi yang ada. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Hadapan Pelaku Wisata Snorkling, Dispar Lobar Gaungkan #KeSekotongAja

Terkini

Iklan