Jejak Terkini

Hasil Bagus-bagus, Kontes Video dan Foto TNGR Bingungkan Juri

WAWANCARA: Kepala Balai TNGR, Dedy Asriadi saat diwawancara wartawan tentang kontes video dan foto.

MATARAM--Kontes video dan foto yang yang diselenggarakan Balai Taman Nasional Gunung Rumah Rinjani (BTNGR) sukses terlaksanan. Kontes ini mampu menyedot banyak peserta.

Senin (21/9), pihak TNGR menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Sebanyak Rp 30 juta yang diperebutkan para peserta dalam lomba tersebut.

"Jumlah hadiah yang diberikan tidak seberapa dengan usaha yang dilakukan oleh peserta dalam mengambil video dan foto ini," ungkapnya, Kepala Balai TNGR, Dedy Asriadi.

Lomba bertajuk Beauty Nature and Culture ini dihajatkan untuk memasifkan sosialisasi keindahan di Gunung Rinjani. Selain itu, untuk mensosialisasikan bagaimana kehidupan masyarakat setempat yang dibungkus dalam balutan kultur masyarakat.

Lomba ini menurutnya, tidak saja ingin memperkenalkan kepada publik tentang keindahan meliputi alam. Pesan yang dibungkus dalam lomba ini menegaskan tentang Rinjani sebagai episentrum peradaban. Masyarakat Lombok menggantungkan hidupnya di gunung ini lantaran disebut sebagai tandon raksasa air kehidupan.

"Kita ingin perkenalkan bagaimana kekayaan biodiversitas yang ada di dalamnya. Jadi lomba inintidak melulu soal keindahan," ucapnya.

Lomba ini disebutnya sebagai yang pertama digelar. Karena itu, lomba serupa juga akan digelar.

Ia berjanji, tidak hanya lomba video dan foto yang akan digelar. Kedepan akan diadakan pula journalist trip yang melibatkan para wartawan.

Dean Juri Kontes Video dan Foto TNGR, Fathul Rakhman mengatakan, lomba yang berjalan selama sebulan penuh ini cukup menyita energi. Ini karena video dan foto yang disetor para peserta dinilai semuanya bagus.

"Yang paling sulit bagi kami sebagai juri adalah memverifikasi betul tidaknya peserta terlibat dalam proses pengambilan gambar," ucapnya.

Kesulitan lain yang ditemui adalah intervensi editing dalam gbar yang sertakan dalam gambar. Kemurnian gambar yang ditonjolkan oleh peserta disebutnya sebagai salah satu penentu penilaian.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontes Video dan Foto TNGR, Dwi Pangestu mengatakan, lomba ini diikuti banyak peserta. Untuk video, ada sebanyak 50-an peserta. Sementara untuk foto ada ratusan peserta yang ikut.

Untuk video, ada 6 pemenang terbaik. Untuk foto meliputi kategori smartphone mirorless atau DSLR masing-masing 11 pemenang. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar