728x90

ad

Lestarikan Warisan Seni dan Budaya untuk Generasi Penerus

BANTUAN: Istri Gubernur NTB, Hj Niken Saptarini saat memberikan bantuan kepada pelaku seni.
MATARAM--Kesenian dan kebudayaan merupakan warisan nenek moyang yang melambangkan ciri dan kekhas suatu daerah. Begitu pula dengan seni dan budaya Islam yang sudah begitu melekat di masyarakat.

Hanya saja, di era modern seperti sekarang semakin sulit dijumpai kesenian Islam seperti qasidah dan marawis. Padahal dua jenis kesenian ini dulunya selalu tampil di tiap acara besar.

Pelestarian nilai seni dan budaya kepada generasi penerus menjadi hal yang perlu dan harus dilakukan mulai dari sekarang. Pesan itulah yang diserukan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB yang sekaligus sebagai Ketua DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Pesan ini disampaikan saat menyapa pegiat seni dan budaya di Kota Mataram di Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah, Jum'at, (3/7).

Kunjungan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan bantuan akibat dampak pandemi virus corona kepada pegiat seni dan budaya di Kota Mataram.

"Alangkah baiknya jika kita terus majukan, kita pelihara, kita bina anak-anak dan generasi penerus kita, inilah bentuk dari penyaluran rasa seni yang sejalan dengan agama dan juga budaya kita," ajaknya.

Niken mengaku senang dapat bersilaturahim dengan pegiat seni dan budaya Kota Mataram. Kedepan, ia mengajak para pegiat seni dan budaya agar kompak melestarikan dan memajukan kesenian yang sudah menjadi tradisi turun temurun di masyarakat.

"Insyaallah Lasqi di NTB akan kita majukan kembali bersama-sama," ujarnya.

Ia  kemudian menyinggung pandemi virus Corona yang telah menghambat berbagai aktivitas di semua aspek kehidupan. Termasuk dalam bidang kesenian.

Ia meminta agar masyarakat tetap sabar dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi. Menurutnya, kesulitan ini harus dihadapi dengan optimisme dan juga semangat, karena wabah corona sendiri telah memberikan banyak pelajaran di dalam kehidupan.

"Mudah-mudahan pandemi ini tidak menghalangi para seniman untuk tetap bisa menghasilkan karya-karya yang nantinya bisa kita nikmati bersama," harap Bunda Niken.

Sementara itu, Ketua DPD Lasqi Kota Mataram, Hj. Noviani Danar Kinastri Mohan Roliskana mengapresiasi bantuan yang diberikan DPW Lasqi Provinsi NTB. Terlebih bantuannitu diberikan kepada para pegiat seni dan budaya yang ada di Kota Mataram.

"Mewakili teman-teman pelaku seni, kasidah dan marawis di Kota Mataram menghaturkan terima kasih dan apresiasi kepada Lasqi Provinsi NTB yang telah memberikan bantuan kepada kami di masa pandemi ini, semoga bantuan ini bermanfaat bagi kita semua," ucapnya.

Adanya bantuan tersebut, diharapkan dapat menjadi penyemangat di situasi pandemi virus corona. Ia pun berharap agar pandemi virus dapat segera berlalu, sehingga berbagai aktivitas, khususnya dalam bidang kesenian dapat berjalan seperti sediakala. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar