Iklan

terkini

Forkopimda Lotim Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu

Jejak Lombok
Tuesday, February 13, 2024, Tuesday, February 13, 2024 WIB Last Updated 2024-03-23T01:21:58Z



Selong - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lombok Timur menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di halaman kantor Bupati Lombok Timur, selasa siang (13/02). 


Apel tersebut diikuti ratusan pasukan TNI-Polri, SatPolpp serta Linmas.


Pj. Bupati  Lombok Timur H. M. Juaini Taofik pada apel tersebut mengatakan, dari 239 desa yang ada di Lombok Timur saat ini, setengahnya dipimpin oleh Penjabat Kepala Desa, karena 125 Kepala Desa telah berakhir masa jabatannya.


Hal ini dinilai berpengaruh terhadap pelaksnaan pemilu, namun dengan sinergitas yang baik dan kompak dari seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu di Lotim, Pj. Bupati optimis pemilu tahun ini akan berjalan lancar dan aman.


Pj. Bupati juga berharap cuaca tidak akan mengurangi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu kali ini, mengingat curah hujan beberapa hari kedepan relatif tinggi sesuai ramalan BMKG. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih pada TNI-Polri juga unsur forkopimda lainnya yang telah mendukung penyelenggaraan  pemilu 2024.


Sementara itu, Kapolres Lombok Timur, AKBP Hariyanto menyebut unsur Forkopimda telah berkomitmen untuk menjamin penyelenggaraan pemilu 2024 berjalan dengan lancar, aman dan damai dengan memetakan berbagai potensi kerawanan serta upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan.


Ia juga memberikan beberapa penekanan diantaranya,  meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi, Kerjasama yang erat antra TNI-Pori dan Pemerintah Daerah dinilai menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan TPS. Oleh karenanya sinergi dan kolaborasi perlu di tingkatkan sehingga tugas dapat di laksanakan dengan efektif dan efisien. 


Selain itu Aparat Penegak Hukum maupun Aparatur Sipil Negara harus menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis, juga hendaknya melakukan tugas dengan jujur dan adil tanpa memihak.


Selanjutnya Pengamanan TPS merupakan sebuah prioritas, ia meminta agar seluruh anggota terlibat aktif dalam menjaga keamanan TPS dengan melakukan patroli rutin dan pemantauan kegiatan di sekitar TPS serta tanggap pada setiap potensi gangguan yang ada.


Disamping pengamanan, pelayanan pada masyarakat juga tidak kalah penting, ia meminta seluruh pasukan untuk memberikan pelayanan terbaik  kepada masyarakat dengan  menunjukkan sikap ramah dan memberikan bantuan jika di perlukan dan tanggap terhadap keluhan atau masalah yang mungkin terjadi.


Terakhir ia berpesan untuk bersikap profesional dan beretika kerja serta menjadi teladan bagi Masyarakat di setiap Tindaka. Juga menunjukkan integritas dan dedikasi sebagai aparat yang bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.


Dandim 16/15,  Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro menambahkan, keamanan Lombok Timur dimasa Pemilu ini berada di pundak Pasukan Pengamanan, mengingat tanggung jawab yang cukup berat yakni mengawal 4.010 TPS dengan DPT terbanyak di Lombok Timur.


Oleh karenanya ia menghimbau untuk menjaga nama baik institusi masing masing. Ia berkeyakninan jika tugas di lakukan sesuai SOP dan di laksanakan dengan dedikasi tinggi Pemilu dapat berjalan sesuai Harapan.(*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Forkopimda Lotim Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu

Terkini

Iklan