Iklan

terkini

Bupati Sukiman Pimpin Apel Upacara Hardiknas

Jejak Lombok
Wednesday, May 3, 2023, Wednesday, May 03, 2023 WIB Last Updated 2023-05-03T15:19:15Z



Selong – Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy memimpin Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Otonomi Daerah Tingkat Kabupaten Lombok Timur Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati, selasa (02/05).


Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM Juaini Taofik, jajaran Forkopimda, serta Pimpinan OPD.


Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim. Ia menyebut pada tiga tahun terakhir banyak perubahan besar terjadi pada dunia pendidikan di Indonesia. 


Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang diluncurkan Pemerintah membawa Pendidikan Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur KI Hadjar Dewantara, yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai seorang manusia dan masyarakat.


Pada saat ini anak-anak bisa belajar secara tenang karena aktivitas pembelajaran di nilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. 


Selain itu, Kepala Sekolah dan Kepala Daerah dapat menggunakan Data Asesmen Nasional di platform rapor pendidikan untuk memonitor perbaikan kualitas pelayanan.


Dengan hadirnya platform merdeka, para guru diberikan kebebasan berinovasi di kelas, dan secara sadar akan berlomba-lomba berbagi dan berkarya dengan hadirnya kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi.


Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel memberikan keleluasaan sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran. 


Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.


Mekanisme dana Indonesia yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan.              


Hari Pendidikan Nasional tahun ini sebagai upaya merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil, dengan harapan dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.                                               


Selanjutnya Bupati menyampaikan Amanat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah yang diperingati secara Nasional pada 29 April lalu di Makassar terkait otonomi daerah yang telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan percepatan pembangunan yang ditandai peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.


Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20% dan menggantungkan keuangannya pada Pemerintah Pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD). Hal ini tentunya menjadi sangat ironis, mengingat kewenangan telah diberikan kepada daerah sementara keuangan masih tergantung kepada Pemerintah Pusat.


Meski begitu, Mendagri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. 


Peningkatan tersebut diharapkan dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahterakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.


Selain itu, kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.


Lebih lanjut ia menghimbau daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan PAD bahkan melebihi TKDD tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.


Tidak hanya itu, menindaklanjuti arahan bapak Presiden RI terkait pengendalian inflasi tahun 2023 dan guna mendukung kebijakan pemerintah menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah, ia menyebut sebagai Menteri Dalam Negeri setiap hari senin memimpin rapat penanganan inflasi untuk memantau perkembangan inflasi di daerah  dan saat ini telah terbentuk Satgas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berdasarkan surat edaran nomor 500/4825/SJ tentang penggunaan belanja tidak terduga dalam rangka pengendalian inflasi di daerah.


Pemerintah Pusat menargetkan tahun 2023 angka stunting anak turun menjadi 17% secara Nasional, untuk itu kami mengimbau seluruh Kepala Daerah mengambil langkah-langkah strategis menekan angka stunting di wilayah masing-masing.  


Dukungan arah kebijakan dan dukungan anggaran mutlak diperlukan dalam upaya penanganan stunting secara komprehensif dan berkelanjutan. program dan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah harus dipastikan dapat menjangkau seluruh wilayah dan tepat sasaran. 


Untuk itu, koordinasi dan sinergitas seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu ditingkatkan untuk mendukung upaya-upaya penanganan stunting di seluruh wilayah.


Melalui momentum ia mengajak semua berdoa agar tujuan otonomi daerah sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud di semua daerah, dan mampu menjaga stabilitas harga, sehingga tidak terjadi inflasi yang memberatkan rakyat. 


Kunci utama untuk itu adalah pada unsur sumber daya manusia, terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten, dan dapat bekerja sama secara kolaboratif.(jl)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Sukiman Pimpin Apel Upacara Hardiknas

Terkini

Iklan