Iklan

terkini

Safari Ramadhan ke-22, Bupati Sukiman Sindir Beberapa Titik Pembuangan Sampah

Jejak Lombok
Sunday, April 16, 2023, Sunday, April 16, 2023 WIB Last Updated 2023-04-16T01:54:12Z



Selong-- Hari ke-22 Ramadan, Pemda Lombok Timur melaksanakan safari di Masjid Nurul Wathan Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, jum'at (14/4). 


Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat jumat berjamaah dan dihadiri Bupati Lombok Timur bersama Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Suralaga.


Pada kesempatan itu, Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengingatkan bahwa penanganan sampah yang baik bukan dengan dibakar, namun dipilah sampah organik dan non organik. 


Pada zaman dahulu, tuturnya, orang-orang menggali lubang di halamannya untuk membuang sampah sehingga menjadi pupuk. 


Jika lubang sudah penuh akan dibuat lubang lainnya. 


Berbeda dengan saat ini, masyarakat membuang sampah sembarang sesuai keinginan tanpa memperhatikan tempat. 


Dia menilai hal itu bukan disebabkan ketidakmampuan, melainkan nilai moral yang kurang. Sebab hanya memperhatikan kepentingan sendiri, yaitu lingkungannya bersih dan tidak peduli jika lingkungan orang lain kotor. 


Hampir di setiap pinggir jembatan dan sungai menjadi tempat pembuangan sampah. Hal itu, tidak patut dilakukan, utamanya umat islam, sebab kebersihan dalam islam adalah setengah dari pada iman. 


Di sisi lain Bupati bersyukur karena situasi kamtibmas di Lombok Timur kondusif berkat kerja sama dan dukungan aparat keamanan. 


Namun begitu, Bupati Sukiman melihat banyak anak-anak muda yang dirusak oleh minuman keras. 


Oleh karena itu, ia meminta masyarakat segera melapor ke pihak berwenang, mulai dari Satpol PP hingga pihak Kepolisian. 


Camat Suralaga melaporkan Kamtibnas di kecamatan Suralaga dalam kondisi baik. Selain itu pemilihan kepala desa serentak yang di Kecamatan Suralaga diikuti satu desa secara kualitas pelaksanaan dinilai baik, dan diharapkan menjadi acuan untuk pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak pada masa yang akan datang. 


Ia menginformasikan bahwa penghitungan suara menggunakan sistem siaran langsung sehingga dapat disaksikan dimanapun oleh masyarakat desa. 


Langkah ini guna menghindari keributan saat perhitungan suara sehingga berhasil mewujudkan Kamtibnas di Kecamatan Suralaga.(jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Safari Ramadhan ke-22, Bupati Sukiman Sindir Beberapa Titik Pembuangan Sampah

Terkini

Iklan