Iklan

terkini

Bupati Sukiman Sampaikan 8 Kekhawatiran Dalam Pilkades Serentak

Jejak Lombok
Tuesday, February 28, 2023, Tuesday, February 28, 2023 WIB Last Updated 2023-03-05T22:53:31Z


Selong -- Bupati Lombok Timiur, HM Sukiman Azmy menyampaikan 8 upaya untuk mendeteksi kekhawatiran dalam pilkades serentak. Hal itu disampaikan pada gelaran apel deklarasi damai di Polres Lotim (28/2).


Adapun delapan upaya tersebut ialah penekanan untuk mencegah pendukung-pendukung fanatik di desa.  sebab Dikhawatirkan para pendukung tersebut berbuat sesuatu yang berlebihan untuk memenangkan calon mereka. Berikutnya adalah kampanye hitam. Menurutnya kampanye yang disebarkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab, termasuk melalui media sosial berdampak terhadap pola pikir dan pilihan masyarakat.

Netralitas juga menjadi penenkanan Bupati, utamanya bagi penyelenggara. Panitia pemilihan di tingkat desa dinilai sudah teruji akuntabilitas dan kapabilitasnya. Ia berharap pihak lainnya seperti perangkat desa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan netral.

Bupati juga menyoroti politik uang. Menurutnya, saat ini politik uang terjadi dimana-mana. Ia berharap para calon berpikir rasional, boleh memberikan sesuatu seperti bansos kepada seseorang, tetapi berlebihan itu tidak baik,” pesannya.

Perjudian tidak ketinggalan pula menjadi sorotan. Ia meminta jajaran Kapolsek, Polmas, Babinsa serta para petugas di lapangan diharapkan mengantisipasi kejadian tersebut. Ia tidak ingin orang-orang yang terlibat dalam perjudian tersebut justru memberikan pengaruh terhadap hasil Pilkades nantinya.  

Mobilisasi pemilih dari luar desa atau dari dusun pun diingatkan Bupati dapat diantisipasi, “kadang-kadang ada oknum-oknum tertentu yang mengarahkan masa dari desa lain dan juga ikut mencoblos di desa itu karena menginginkan kemenangan kepada calon-calon tertentu,” terangnya.

Bupati berharap panitia penyelenggara, termasuk panitia tingkat kabupaten, calon Kades, petugas keamanan, dapat melaksanakan tugas secara akuntabel dan sesuai regulasi sehingga pelaksanaan Pilkades serentak di Lombok Timur dapat berjalan dengan aman dan damai, sebagaimana yang telah dideklarasikan.

Bupati juga mengingatkan pentingnya pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam upaya tersebut.

Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono pada kesempatan itu menegaskan komitmen pihaknya mengawal Pilkades serentak tersebut agar berjalan aman dan sukses. Komitmen sama juga ditegaskan Kasdim 1615/ Lombok Timur Mayor Inf. Lalu Muhammad Syukur. Ia juga mengajak semua pihak menyukseskan Pilkades serentak ini. Diharapkannya pula masyarakat di 53 desa yang mengikuti Pilkades ini dapat menyalurkan hak pilihnya.

Pada apel yang dihadiri pula Forkopimda dan pimpinan OPD tersebut seluruh calon kepala desa menandatangani naskah deklarasi damai.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Sukiman Sampaikan 8 Kekhawatiran Dalam Pilkades Serentak

Terkini

Iklan