Iklan

terkini

Ingin Investasi Emas Antam? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Jejak Lombok
Wednesday, December 28, 2022, Wednesday, December 28, 2022 WIB Last Updated 2022-12-29T04:05:46Z


Di era sekarang . Pengadaan emas antam terbilang sangat pesat. Banyak orang yang memulai mencoba untuk berinvestasi melalui logam mulia. Hal ini karena emas terus mengalami kenaikan sehingga mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi emas tidak akan tergerus oleh inflasi seperti instrumen lainnya.

Itulah yang membuatnya sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, investasi emas dinilai minim akan risiko. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak akan merasakan kerugian. Pasti akan ada kerugian, apalagi jika melakukan investasi secara asal-asalan tanpa adanya tujuan.

Kelebihan Investasi Emas Antam

Bagi Anda yang ingin mencoba pengadaan emas Antam, ada baiknya untuk tahu kelebihan apa saja dari investasi emas tersebut. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin untuk terjun dalam dunia investasi emas. Yuk, simak kelebihan investasi emas di bawah ini.

1. Harga Terus Mengalami Kenaikan

Salah satu kelebihan yang menjadikan investasi emas Antam banyak diminati karena harganya yang terus naik. Harganya terbilang lebih stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Meski tidak menutup kemungkinan investasi emas mengalami penurunan. Hanya saja tidak signifikan, justru akan cenderung naik setiap tahun. Hal ini juga yang membuatnya menjadi investasi jangka panjang.

2. Modal yang Relatif Kecil

Keuntungan melakukan pengadaan emas Antam untuk investasi adalah modalnya yang relatif kecil. Saat ini ada dua jenis investasi emas yang bisa dicoba, yakni emas fisik dan emas digital.

Emas fisik memiliki varian denominasi, mulai dari 0,5 gram dengan harga sekitaran Rp500.000. Perlu diketahui, semakin kecil denominasinya, maka harga dasarnya pun semakin mahal.

Sementara jenis investasi emas yang kedua adalah emas digital. Layanan emas satu ini bahkan menyediakan investasi emas mulai dari Rp 50.000 saja.



3. Mudah untuk Diuangkan atau Dicairkan

Alasan kenapa banyak yang melakukan pengadaan emas Antam karena emas mudah untuk diuangkan atau dicairkan. Dibandingkan jenis investasi properti, emas terbilang mudah untuk diuangkan saat seseorang butuh uang cepat. Anda bisa melakukannya dengan menggadaikan emas tanpa perlu khawatir akan berpindah kepemilikan.

4. Mudah Dilakukan di Mana Saja

Kelebihan melakukan investasi emas adalah mudah dilakukan di mana saja. Bahkan, untuk Anda yang masih pemula pun tetap bisa mencoba investasi emas. Investor bisa menentukan sendiri berapa banyak atau jenis emas yang akan diinvestasikan. Hal ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi finansial terpercaya sekaligus sudah diawasi oleh OJK, lho.

Kekurangan Investasi Pengadaan Emas Antam

Di balik sejumlah keuntungannya yang menarik, ada pula kelemahan atau kekurangan di baliknya. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dari investasi emas Antam yang masih jarang diketahui.

1. Kenaikan Harga Terbilang Lambat

Salah satu kekurangan dari investasi emas terletak pada kenaikan harga itu sendiri. Memang emas relatif naik setiap tahunnya. Namun, kenaikannya terbilang lambat. Itulah kenapa investasi emas tidak cocok untuk seseorang yang ingin investasi jangka pendek.

Kenaikan harga emas pun bergantung pada keadaan ekonomi. Saat terjadi inflasi bisa saja harga emas mengalami kenaikan. Akan tetapi, saat keadaan ekonomi stabil, kenaikannya akan sangat lambat.

2. Risiko Kehilangan Emas

Beberapa orang mungkin tetap membeli emas Antam dalam bentuk fisik. Perlu diketahui, jika Anda membelinya dalam bentuk fisik, ada baiknya untuk mempunyai tempat penyimpanan. Jika tidak mempunyai tempat penyimpanan, risiko kehilangan pun akan semakin besar.

Memang saat ini sudah tersedia emas secara digital. Namun, bukan berarti hal itu membuat Anda bebas dari risiko kehilangan. Bisa saja tempat yang Anda beli tidak terpercaya sehingga berkedok penipuan. Itulah sangat penting untuk memilih tempat yang sudah benar-benar terbukti dan terdaftar dalam OJK.

3. Nilai Spread yang Tinggi

Kekurangan investasi emas yang paling menonjol dibandingkan jenis investasi lainnya terletak pada nilai spread. Sebagai contoh, investasi emas berbentuk fisik, maka per gram dari nilai spread rata-rata sekitar 11%. Hal ini tentu saja berbeda dengan investasi saham yang nilainya tidak sampai 1%.

Beli Emas untuk Investasi Di Mana?

Nah, setelah melihat beberapa kelebihan serta kekurangan dari investasi Emas Antam, apakah Anda ingin mencobanya? Jika iya, Anda bisa memilih tempat untuk membeli emas. Salah satunya adalah di marketplace online Blibli.

Ada beberapa jenis perhiasan emas yang bisa dilihat. Mulai dari anting emas, cincin emas, gelang emas, sampai kalung dan liontin emas. Tentunya harganya beragam tergantung dari bahan dan kadar yang dipilih, ya.

Blibli.com merupakan salah satu marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia. Ketika Anda membeli emas digital di sini, tentunya dijamin aman. Proses transaksinya pun mudah sebab fitur-fitur yang ada di Blibli didesain user friendly.

Jika ingin melakukan pengadaan emas Antam sejak dini, ada baiknya untuk menentukan tujuan lebih dulu. Karena investasi ini benar-benar untuk jangka panjang dan untuk masa depan.

Sumber:

1. https://www.bareksa.com/berita/emas/2022-10-05/begini-5-kelebihan-vs-5-kelemahan-dalam-investasi-emas

2. https://www.gokampus.com/blog/keuntungan-dan-kerugian-investasi-emas-antam-wajib-tahu

3. https://smallseotools.com/plagiarism-report/a1c7e707064170cd6997c1b49a2570b8/


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ingin Investasi Emas Antam? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Terkini

Iklan