Iklan

terkini

Direktur RSUD dr R. Soedjono Optimis Capai Target PAD Rp135 M

Jejak Lombok
Jumat, 02 September 2022, Jumat, September 02, 2022 WIB Last Updated 2022-09-02T13:26:01Z

 



Selong--Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedjono Selong Lombok Timur menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.136 miliar pada tahun 2022.

Hingga semester pertama, target tersebut baru terealisasi sebesar Rp 65 M atau kurang dari 50 persen.

Hal itu diungkap Direktur RSUD dr R Soedjono Selong, Muhammad Tantowi Jauhari, Kamis(1/9).

Dia menyatakan, diakhir tahun 2021 pihaknya telah mengajukan perencanaan penurunan target PAD sebesar Rp 125 M.

"Secara capaian kita tetap diminta untuk menetap pada angka 135 M, dengan memaksimalkan sumber - sumber pendapatan," terang Tantowi kepada wartawan.

Tantowi mengaku, berbeda dengan tahun sebelumnya, sumber - sumber pendapatan RSUD telah banyak mengalami perubahan skema, seperti Jampersal.

"Nah jadi kita kehilangan satu sumber PAD. Dimana tahun sebelumnya dari Jampersal capaian PAD mencapai 5 M, akan tetapi tahun ini sudah tidak ada lagi," jelasnya.

Selanjutnya Tantowi menyebut, sebelumnya, skema pembiayaan Jampersal diberikan dari pusat ke Dinas Kesehatan Kabupaten, namun begitu, tahun ini terjadi perubahan juklak dan juknisnya.

Kendala lainya, tutur Tantowi, banyak data kependudukan masyarakat yang bermasalah pada BPJS nya, sehingga mempengaruhi proses pembayaran dari BPJS kesehatan.

Tidak hanya itu, Tantowi menerangkan, pada tahun sebelumnya, RSUD dapat melampaui target PAD yang ditetapkan karena masih Covid-19.

Akan tetapi saat ini Covid sudah menurun, kekebalan kelompok sudah tercapai. Sehingga pihaknya mengusulkan pengurangan target capaian PAD. Namun targetnya ditetapkan diangka Rp. 135 M

Kendati demikian, Tantowi mengaku tetap optimistis untuk dapat mencapai target PAD yang telah ditetapkan. Pihaknya akan berupaya memaksimalkan sumber-sumber pendapat lainya.

"Meski tahun ini tidak mencapai 100 persen capaian, minimal kita targetkan 80 persen tercapai pada tahun 2022 ini, dengan upaya semaksimal mungkin,"katanya.

Tahun sebelumnya kata Tantowi, capaian PAD RSUD dr Soedjono Selong Lombok Timur mencapai lebih dari Rp 150 M.

Tantowi berharap dengan adanya gedung ibu dan anak serata pasilitas lainnya saat ini, dapat menampung pasien lebih banyak lagi, sehingga dapat mempengaruhi peningkatan capaian PAD.(hs)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Direktur RSUD dr R. Soedjono Optimis Capai Target PAD Rp135 M

Terkini

Iklan