Iklan

terkini

Sejak Awal Juli, Pemkab Lobar Adakan Sejumlah Pagelaran Seni Sasak

Jejak Lombok
Sunday, July 24, 2022, Sunday, July 24, 2022 WIB Last Updated 2022-07-23T23:07:30Z

Kesenian : Beginilah suasana pagelaran sasak yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk menghidupkan kemeriahan di destinasi wisata Lombok Barat



Mataram--Untuk tetap menghidupkan kemeriahan di destinasi wisata Lombok Barat (Lobar), Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar sejak awal Juli lalu mengadakan sejumlah Pagelaran Seni Sasak.


Bekerjasama dengan para pegiat seni di Lobar, kegiatan yang digelar setiap Jum’at sore ini diharapkan bisa menjadi momen untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan di tengah masyarakat.


Setelah sebelumnya dilaksanakan di Taman Kota Gerung dan kawasan wisata Sekotong, pekan ini Pagelaran Seni Sasak dilaksanakan di kawasan wisata Senggigi, tepatnya di Pasar Seni Senggigi, Jum’at (22/7/2022).


Walaupun dengan persiapan yang singkat, pagelaran yang menggandeng Sanggar Seni Dharma Bakti Tanah Embet dan Sanggar Tari Dara Jingga ini cukup bisa menyedot antusiasme masyarakat dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Senggigi.


"Barusan tamu-tamu mancanegara yang hadir juga sangat antusias. Saya yakin jika dengan persiapan lebih matang dan penyebaran informasi ke depan lebih banyak, kami optimis wisataawan maupun masyarakat sekitar akan lebih antusias lagi," ucap Oka Jelantik, salah satu pegiat seni di Lombok Barat ini.


Penampilan dari sanggar-sanggar di Pagelaran Seni Sasak ini dikatakan Oka bisa memberikan energi bagi masyarakat untuk membangun kepariwisataan di Lombok Barat.


"Kita ikut mengambil bagian dalam pentas seni ini. Ada kearifan lokal yang kami miliki, di sana ada kekuatan, ada energi yang dirasa oleh mereka bahwa ini (pariwisata,red) miliknya dan harga diri masyarakat setempat untuk menuju pariwisata kita yang berbasis kerakyatan," ujar penasehat Sanggar Dharma Bakti ini.


Terpisah, Kepala Dispar Lobar, H. M. Fajar Taufik mengaku akan mengembalikan geliat pariwisata di Lobar. Salah satunya dengan menggandeng pelaku seni dan budaya di Lobar untuk tampil di sejumlah destinasi wisata.


“Jadi sanggar seni yang berada di kawasan itu kita kasih ruang untuk tampil seminggu sekali. Termasuk di Pasar Seni ini,” terangnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sejak Awal Juli, Pemkab Lobar Adakan Sejumlah Pagelaran Seni Sasak

Terkini

Iklan