Iklan

terkini

Sambut MotoGP Mandalika, Dispar Lobar Gelar Festival Gili Gede

Jejak Lombok
Sunday, March 13, 2022, Sunday, March 13, 2022 WIB Last Updated 2022-03-13T08:40:47Z

Sambut MotoGP Mandalika, Dispar Lobar Gelar Festival Gili Gede
LOMBA PERAHU: Beginilah suasana lomba perahu yang digelar di Gili Gede, Sekotong Lombok Barat.

GERUNG
-- Sambut MotoGP Mandalika, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) menggelar Festival Gili Gede.

Event ini diselenggarakan Sabtu (12/3) kemarin dengan mengangkat tema Road to Mandalika from Sekotong. Kegiatan ini dibuka dengan lomba balap perahu. Festival kemudian dimeriahkan dengan aneka gelaran musik dan tari.

Kepala Dinas Pariwisata Lobar HM Fajar Taufik mengatakan, event ini sebagai euforia menyambut gelaran MotoGP yang tinggal menghitung hari. Event ini juga dimaksudkan sebagai ajang memperkenalkan Gili Gede kepada dunia bahwa Gili Gede dan Sekotong secara umum sudah sangat siap dalam menyambut wisatawan.

"Lewat event ini, kita juga ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Gili Gede yang ada di Sekotong ini juga ada akomodasi lengkap yang layak dan siap untuk disinggahi oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara," ujarnya.

Ia juga menyebut jika perlombaan dan atraksi seni musik dan tari dalam festival ini untuk menghibur masyarakat yang ada di Sekotong.

Diawali dengan lomba balap perahu layar dan lomba balap perahu ketinting, event ini kemudian dilanjutkan dengan penampilan Cilokak Sasak dari seniman penyandang disabilitas yang ada di Sekotong Barat. Kemudian ada pertunjukan Tari Rudat dan dilanjutkan dengan Tari Perempuan Ibu Bumi yang dimainkan oleh seniman Sekotong.

Tidak hanya kesenian lokal, ada juga penampilan dari seniman luar daerah yang hadir memeriahkan kegiatan.

"Kemudian kita juga dapat kunjungan dari Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi yang membawa rombongan kesenian dan ikut tampil dalam event kita ini," lanjut Taufik.

Sebagai sajian pamungkas, event ini menampilkan penyanyi lokal Erni Ayuningsih atau yang lebih dikenal dengan Erni Sambel Colet.  Penampilan Erni sore itu mampu membius masyarakat Gili Gede dengan tembang-tembang andalan seperti Kelak Kelor, Berugak Elen dan Sambel Colet.

Event ini mendapat respon positif dari Bupati Lobar H Fauzan Khalid yang hadir membuka Festival Gili Gede Road to Mandalika from Sekotong.

"Dengan kolaborasi dan sinergi antara seluruh unsur di Kabupaten Lombok Barat Insya Allah akan menambah keberhasilan pelaksanaan MotoGP tersebut," ucap Fauzan.

Ia juga optimis dengan sumber daya alam yang dimiliki Sekotong dan didukung oleh adanya event-event hasil kolaborasi pemerintah dengan masyarakat seperti ini, Sekotong mampu menjadi salah satu sumber kemajuan pariwisata yang ada di Lombok Barat. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sambut MotoGP Mandalika, Dispar Lobar Gelar Festival Gili Gede

Terkini

Iklan