Iklan

terkini

Sukseskan MotoGP Mandalika 2022, Kominfo Kawal Jaringan Telekomunikasi

Jejak Lombok
Sabtu, 12 Februari 2022, Sabtu, Februari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-02-12T02:39:36Z

ISTIMEWA

Mandalika--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung kelancaran pelaksanaan gelaran pramusim MotoGP 2020 atau MotoGP Official Test yang berlangsung 11-13 Februari 2022 di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika. Untuk hal itu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo,Ismail, menyatakan telah mengeluarkan Izin Stasiun Radio (ISR) dan rekomendasi penggunaan perangkat telekomunikasi.


“Untuk mendukung event tersebut, Kominfo telah mengeluarkan Izin Stasiun Radio (ISR) sementara dan surat rekomendasi penggunaan perangkat frekuensi radio yang akan digunakan untuk komunikasi radio penyelenggara selama event berlangsung,” kata Ismail di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (11/2).

Kominfo dikatakan Ismail telah mengeluarkan persetujuan dan izin penggunaan pita frekuensi 26 GHz yang akan digunakan untuk Showcase 5G yang rencananya akan dihadirkan oleh operator seluler.

“Salah satunya untuk Telkomsel. Tujuannya agar masyarakat merasakan langsung beragam use case 5G yang nantinya disediakan oleh operator seluler, antara lain berupa use case VR Drivingdan Robot 5G di area Sirkuit Mandalika,” jelasnya.

Selain Showcase 5G pada pita frekuensi 26 GHz, operator seluler juga berencana menampilkan 5G Experience di Sirkuit

“Rencananya sementara ini akan menggunakan pita frekuensi 2,1 GHz dan 3,5 GHz. Khusus penggunaan pita frekuensi 3,5 GHz telah dilakukan pembahasan antara operator seluler dengan para operator satelit guna memitigasi potensi gangguan yang mungkin timbul,” tuturnya.

Dirjen Ismail menyatakan penyediaan layanan telekomunikasi di sirkuit Mandalika dapat menjadi contoh penerapan Open Access atau pembukaan akses pemanfaatan infrastruktur
telekomunikasi.

“Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Cipta Kerja (UU Nomor 11 Tahun 2020) dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (PP Postelsiar),” jelasnya.

Pembukaan akses pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi, kata Ismail, berdasarkan kesepakatan melalui kerja sama para pihak memberikan nilai efisiensi dan optimalisasi dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“Terlebih secara jangka panjang, sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi pelaksanaan sport event
skala internasional yang mendapatkan perhatian cukup tinggi dari dunia internasional,” katanya.(hs)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sukseskan MotoGP Mandalika 2022, Kominfo Kawal Jaringan Telekomunikasi

Terkini

Iklan