Iklan

terkini

Perkuat Nasionalisme, IKRAR Desa Kesik Gelar Makrab

Jejak Lombok
Minggu, 09 Januari 2022, Minggu, Januari 09, 2022 WIB Last Updated 2022-01-09T06:58:25Z

 

Makrab : IKRAR saat melakukan malam keakraban di lapangan desa Kesik Kecamatan Masbagik Lombok Timur


Selong-- Ikatan Remaja Remaji (IKRAR) Karang Gading, Desa Kesik, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, menggelar malam keakraban (Makrab). Kegiatan itu dilaksanakan di lapangan desa setempat, Sabtu malam (8/1).


"Tujuan kgiatan ini yaitu untuk mengeratkan kembali ikrar setia para anggota kelompok remaja untuk terus bersinergi dan sama-sama membangun kerjasama yang baik," kata Ketua IKRAR, Andre Kurniawan.

Ia menyebutkan, berbagai agenda yang telah dipersiapkan berjalan sesuai dengan rencana. Salah satunya ialah mendemonstrasikan uapacara adat sorong serah Enam Dase Enam (66).

Selepas itu, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dibekali dengan penguatan rasa nasionalisme. Menurutnya, persoalan tersebut belum cukup hanya mengandalkan sekolah maupun materi dalam ruangan seperti selama ini.

Terlebih lagi, di Lombok Timur saat ini disebutnya prihal itu tengah mendapat ujian dari berbagai elemen.  Karena itu, salah satu cara mempertahankan nasionalisme itu ialah dengan menjaga warisan budaya leluhur. Namun tidak bertentangan dengan ajaran agama.

"Mengutip kalima Bung Karno, beri aku 10 orang pemuda maka akan aku goncangkan dunia" karena sangat besar sekli pengaruh pemuda dalam melanjutkan estapet perjuangan," ucapnya

Sementara itu Budayawan Lotim, Lalu Malik Hidayat, saat mengisi materinya memaparkan, pentingnya menjaga keutuhan bangsa tak perlu hanya dengan mengangkat senjata. Namun hrus dimulai dari diri sendiri dahulu.

"Tampuk perjuangan selanjutnya ada dipundak para remaja  tandas Beliau," singkatnya.(kin)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perkuat Nasionalisme, IKRAR Desa Kesik Gelar Makrab

Terkini

Iklan