Iklan

terkini

Direksi Baru Dua BUMD di Lotim Dilantik

Jejak Lombok
Kamis, 02 Desember 2021, Kamis, Desember 02, 2021 WIB Last Updated 2021-12-02T14:07:01Z

LANTIK: Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy saat melantik jajatan direksi di dua BUMD milik Pemkab Lotim.

SELONG
-- Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, melantik sejumlah pejabat baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Penyegaran itu dilakukan setidaknya pada dua BUMD. Yakni jajaran direksi PT Energi Selaparang dan PD Selaparang Agro.

Jajaran direksi yang dilantik itu merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada hari Jumat, pekan lalu.

Jadi komposisi direksi pada kedua perusahaan daerah itu ialah, Direktur Utama (Dirut) PT Energi Selaparang dijabat Sukirman, yang sebelumnya merupakan Dirut PD Selaparang Agro. Sementara Direktur umum (Dirum) diduduki oleh Hasfiandi. 

Yang juga dilantik pada kesempatan itu adalah Dirut PD Selaparang Agro, yang dijabat, Sulhayani. Sementara Dirum dipercayakan kepada, Ali Rafsanjani.

"BUMD ini dibentuk tidak saja untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD), juga hadir untuk memfasilitasi aktivitas masyarakat secara optimal sesuai bidang usaha masing-masing," ujar HM Sukiman Azmy, pada saat melantik, Kamis (2/11).

Bupati mencontohkan, keberadaan PT Energi Selaparang yang memproduksi air minum. Sedianya perusahaan itu disebutnya dapat memenuhi kebutuhan air minum dalam kemasan (AMDK) di daerah itu.

Di lain sisi, niatnya untuk menggeser produksi yang berasal dari luar daerah.

Ia mengingatkan, keberadaan perusahaan daerah diharapkan dapat membuka lapangan kerja. Denhan begitu dapat mengurangi angka pengangguran. 

Orang nomor satu di Lotim ini mengapresiasi, kebijakan direksi Selaparang Agro yang tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika income perusahaan terbatas. 

Malahan, ujarnya, pihak perusahaan rela melakukan efisiensi. Caranya, jajaran direksi mengurangi pendapatan.

Dirinya mengatakan, meskipun pemerintah daerah sebagai pemilik saham tunggal. Namun demikian dirinya masih memaklumi dua badan usaha itu belum memiliki kontribusi bagi PAD.

Meski begitu, dirinya tetap menaruh harap agar kedua badan usah itu dapat mengikuti jejak badan usaha lainnya, seperti Selaparang Finansial.

Terlebih dengan adanya rencana penambahan penyertaan modal pemerintah pada tahun 2022 mendatang dan komposisi baru di jajaran direksi.

Ia berharap, jajaran direksi yang baru dilantik mampu memperbaiki kinerja melalui harmonisasi dan koordinasi dengan setiap unsur di dalam perusahaan.

"Termasuk dewan pengawas. Saya juga mengamanatkan satu tambahan unit usaha baru untuk PD. Selaparang Agro yaitu sarang burung walet," pungkasnya. (kin)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Direksi Baru Dua BUMD di Lotim Dilantik

Terkini

Iklan