Iklan

terkini

Capaian Vaksinasi Tim PKM Selong Masih Belum Capai Target

Jejak Lombok
Senin, 29 November 2021, Senin, November 29, 2021 WIB Last Updated 2021-11-29T12:25:26Z

H. Sanurun

SELONG
-- Capaian vaksinasi dengan dosis kedua di Puskesmas Selong dinilai belum mencapai target. Hingga saat ini, vaksinasi dosis 2 baru hanya mencapai 46 persen. 

Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Selong, H Sanurun, SKM saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/11).

Dia menjelaskan, dari target 31.973 jiwa  di Kecamatan Selong, vaksin dengan dosis kedua baru hanya dapat menyasar sekitar 14.865 jiwa. Angka tersebut setelah diprosentase mencapai angka 45 persen. 

Hal itu, jelas Sanurun, masih menyisakan sekitar 25 persen dari target yang ditentukan.

"Target vaksinasi 70 persen atau sekitar 31.973 jiwa, namun dosis kedua masih baru menyasar sekitar 14.865 jiwa atau sekitar 45 persen," ucapnya.

Berbeda dengan dosis 1, tim PKM Selong telah mencapai target hingga 74 persen atau setara dengan 23.669 jiwa. Menurutnya, target tersebut dapat dicapai sebagai dampak inovasi pertama dan terakhir dari Pemkab Lotim. 

Selanjutnya, Sanurun menyebut, target vaksinasi dengan sisa 25 persen pada dosis 2 saat ini sedang dalam pengejaran target. Meski tak mudah, tim PKM Selong masih tetap harus dapat memvaksin dhingga mencapai target 70 persen.

Sanurun tidak menafikkan adanya kendala saat pengejaran target. Salah satunya yaitu masa tenggang vaksin 1 yang belum berakhir. 

Hal itu, terangnya, sangat mempengaruhi jumlah masyarakat yang datang untuk melakukan vaksin 2. 

Selain itu, minimnya kesadaran masyarakat tentang disiplin waktu saat dilakukan vaksinasi juga menjadi kendala yang serius. Karena itu, ia berharap agar masyarakatbyang telah habis masa tenggang vaksin dengan dosis 1 agar segera melakukan vaksin 2. 

"Kalau semua datang sesuai jadwal, bisa jadi target harian kita dengan jumlqh 200 dosis tercapai, namun begitu, terkadang masyarakat tidak datang tepat waktu sehingga tim PKM hanya mampu memvaksin hingga 30 hingga 40 jiwa saja perharinya," pungkasnya. (hs)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Capaian Vaksinasi Tim PKM Selong Masih Belum Capai Target

Terkini

Iklan