Iklan

terkini

Persiapan 3 Minggu, Spirit Teruna Sasak Juara Festival Pesona Senggigi

Jejak Lombok
Tuesday, October 26, 2021, Tuesday, October 26, 2021 WIB Last Updated 2021-10-26T08:29:15Z

TARI KREASI: Salah satu peserta lomba tari kreaso dalam event Festival Pesona Senggigi sedang unjuk kebolehan.

GERUNG
-- Rangkaian Festival Pesona Senggigi dalam lomba tari kreasi dan lagu daerah NTB sudah selesai. Ajang yang digelar di Ballroom Aruna Conventions and Resort ini digelar 23-24 Oktober kemarin.

Tidak kurang dari 14 grup tari, 17 penyanyi dewasa dan 14 penyanyi anak-anak berlaga. Mereka semua berasal dari seluruh daerah NTB untuk mengikuti festival yang mengusung tema Art Reborn.

Juara pada festival tersebut telah diputuskan. Juara satu tari kreasi diraih oleh penari Spirit Terune Sasak  yang dimainkan oleh I Nyoman Sudiarna dan I Putu Ariana.

Sementara juara satu lagu daerah katagori B (Dewasa) diberikan kepada  Nada dengan membawakan lagu Tegining Teganang. Sedangkan Kategori A (Anak-Anak)  diraih oleh Josofin Alexa dengan lagu Ate Bakangan.

Pengumuman juara dirangkai dengan gala diner yanh dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat, H. Baehaqi. Ada juga Kapolres Lobar Bagus S. Wibowo dan para pelaku pariwisata.

Peraih juara satu tari kreasi, I Nyoman Sudiarna dan I Putu Aria mengaku tidak menyangka dirinya mendapatkan juara. Ini karena mereka mempersiapkan diri selama tiga minggu sebelum tampil.

"Perisapan kami sebelum lomba ini sebenarnya tidak lama, hanya 3 minggu saja, kami ikut juga untuk cari pengalaman. Kami sangat senang dan tidak menyangka kalo penampilan kami dinilai terbaik oleh dewan juri," ucap Nyoman.

Ia juga mengatakan bahwa tari kreasi Spirit Terune Sasak yang ditampilkannya adalah hasil karya mereka sendiri. Tak heran jika prestasi yang diraih menjadi kebanggaan tersendiri.

"Tarian yang kami tampilkan itu kreasi sendiri, kebetulan saya ikut sekolah tari dan kita ketemu iya lalu kita garap," cetusnya.

Sementara itu, peraih juara tiga tari kreasi dari SMP 1 Gerung, I Komang mengatakan, dirinya merasa senang dan persiapan selama 20 hari sebelum lomba dinilainya tidak sia-sia.

“Saya merasa senang mendapat juara dan segala usaha selama 20 hari itu tidak sia-sia. Tari yang kami bawakan adalah tari Tiranti Sasak,” imbuh Komang.

Peraih juara satu lagu daerah NTB kategori A (Anak-anak) asal Jatisele Gunungsari, Josofin Alexa yang masih duduk di kelas 3 SMP 2 Mataram. Ia pun merasa senang atas juara yang diraihnya.

“Saya senang sekali, persiapannya tentu tetap latihan, olah vocal, stretching, persiapkan pisik juga. Saya hoby nyanyi sejak kecil, tapi mulai serius saat saya kelas 5 SD,” ungkap Alexa.

Diketahui, rangkain event Festival Pesona Senggigi 2021 ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) dengan Aruna Senggigi Resort and Convention. Event kolaborasi antara Dispar Lobar dengan industri pariwisata ini mendapat tanggapan positif dari Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat, Ari Garmono.

Menurut Ari, event ini adalah bentuk kepedulian Dispar mengembalikan geliat perekonomian di sektor pariwisata. Terlebih kegiatan ini melibatkan para pelaku industri merupakan terobosan di tengah pandemi yang berdampak langsung.

Konsep event dengan mengandeng para pelaku industi disebutnya perlu dijadikan acuan oleh daerah-daerah lain. Konsep ini bisa memberikan dampak positif bagi industri pariwisata di daerah lain. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Persiapan 3 Minggu, Spirit Teruna Sasak Juara Festival Pesona Senggigi

Terkini

Iklan