Jejak Terkini

Salam Sambut WSBK, 3 Event Ini Digelar di Senggigi

WAWANCARA: Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saiful Ahkam saat diwawancara di sela-sela kegiatan bersih-bersih lokasi wisata belum lama ini.

GERUNG
-- Menjelang perhelatan akbar World Superbike and Championship atau WSBK November mendatang, setidak ada tiga event diselenggarakan Dinas Pariwisata Lombok Barat. Ketiga event itu dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Senggigi.

"Ketiga event ini sebagai greeting atau ucapan salam sebelum WSBK digelar," ucap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Saiful Ahkam, Jum'at (24/9).

Ketiga event ini disebutnya sebagai bentuk kesungguhan Lombok Barat menyambut gawe Akbar tersebut. Terlebih, tak satupun daerah kabupaten kota di NTB yang menggelar event untuk menyambut WSBK.

Lombok Barat disebutnya sebagai satu-satunya daerah yang menggelar event sebagai salam pembuka untuk WSBK. Pihaknya memastikan terselenggaranya ketiga kegiatan ini lantaran Lombok Barat sudah memasuki level 1 PPKM.

Alasan paling mendasar terselenggaranya kegiatan ini, ucapnya, hanya Lombok Barat yang sudah memvaksin par pelaku wisata hingga dua tahap. Proses vaksinasi tersebut bukan saja di Senggigi, tapi juga di kawasan wisata Sekotong.

"Dari proses ini kami yakin herd immunity masyarakat sudah terbentuk. Dari sini, kami yakin dan berani menggelar ketiga event tersebut," jelasnya.

Langkah yang dilakukan Dispar Lombok Barat memvaksin para pelaku pariwisata dianggap sebagai persiapan serius. Belum lagi pihaknya berkeyakinan bahwa pariwisata pentahelik tidak boleh sebatas jargon, tapi juga diimplementasikan dalam tindakan.

Dilaksanakannya ketiga event ini lantaran sektor pariwisata dan pelaku usaha yang paling terdampak selama pandemi. Lewat kegiatan ini diharap bisa membangkitkan kembali gairah para pelaku usaha 

Ketiga event tersebut yakni, Road to Pesona Senggigi, Road to Music of Senggigi dan Lombok Brewers Cup.

Untuk tiga event di kawasan Senggigi, ada banyak rangkaian kegiatan yang bakal disajikan. Beberapa diantaranya seperti lomba masak di Pantai Tanjung Bias, pentas wayang, tari, UMKM dan pentas musik. Ada juga talk show tentang kopi.

Sedianya bukan hanya di Senggigi, ada Festival Air yang diselenggarakan di kawasan wisata Lembar, tepatnya di Pantai Cemara. Kegiatan yang satu ini bisa dibilang sedikit idealis.

"Ada misi edukasi dalam festival ini. Kita menekankan tentang edukasi pentingnya menyelamatkan lingkungan terutama dari gempuran sampah yang belakangan menjadi masalah sangat serius," ucapnya.

Dari banyak rangkaian kegiatan yang diselenggarakan, Ahkam memastikan salah satu targetnya yakni menggenjot staycation wisatawan. Ini karena dari banyak rangkaian acara melibatkan 4 hotel bintang empat di kawasan Senggigi. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar