Iklan

terkini

Sejam, 6 Rumah Ludes Dilalap Jago Merah

Jejak Lombok
Friday, August 13, 2021, Friday, August 13, 2021 WIB Last Updated 2021-08-13T10:49:56Z

KEBAKARAN: Warga dan petugas berjibaku memadamkan api yang tengah berkobar.

KOTA BIMA
-- Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Kamis (12/8). Ada enam rumah dilaporkan hangus hingga rata berkalang tanah.

Buntut kebakaran itu, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Hanya saja, penyebab kebakaran hingga sejauh ini masih diselidiki.

“Kebakaran itu tepatnya di RT 03 Rw 02 Kelurahan Panggi,” sebut Kasi Humas Polres Bima Kota, IPTU Jufrin, Jum'at (13/8).

Si jago merah awalnya melahap rumah Abdul Nafis (42 tahun). Kobaran api merambat hingga ke beberapa rumah warga lainnya.

Kebakaran ini diketahui bermula sekitar pukul 12.00 Wita. Kala itu istri Abdul Nafiz, Jida, sedang duduk di depan rumahnya.

Salah seorang tetangga bertanya kepada Jida apakah dia sedang memasak. Pertanyaan itu dilontarkan lantaran dari rumahnya keluar asap.

Mendapat pertanyaan itu, Jida kontan menjawab sedang tidak memasak apa-apa. Berselang beberapa saat kemudian, asap semakin membumbung tinggi dan terdapat api dari atas rumah Jida. 

Melihat kejadian tersebut, Jida baru menyadari bahwa rumahnya telah terbakar. Ia pun berteriak meminta tolong ke beberapa warga setempat.

“Sempat dilakukan pemadaman oleh warga dengan menggunakan alat seadanya. Namun api dengan cepat terus membesar sehingga merambat ke beberapa rumah warga lainya dikarenakan posisi rumah yang saling berdempetan.

Sejurus kemudian, personil Polsek Rasanae Barat tiba di lokasi terjadinya kebakaran. Polisi langsung mengamankan dan menghubungi Sat Brimob membantu mengevakuasi barang-barang yang dapat diselamatkan.

Pukul 12.15 Wita terang Jufrin, dua unit mobil pemadam tiba di tempat terjadinya kebakaran dan langsung melakukan upaya pemadaman. Sekitar pukul 14.00 Wita, api berhasil dipadamkan.

“Namun, terdapat 3 unit rumah panggung rata dengan tanah dan 3 unit rumah setengah permanen hangus terbakar,” tandasnya.

Pukul 14.25 Wita, kata Jufrin, Dinas Sosial yang terbentuk dari kelompok Tagana (Taruna Siaga Bencana) turun ke lokasi. Kehadiran mereka untuk meninjau terjadinya kebakaran sekaligus memberikan bantuan terhadap korban kebakaran.

Saat itu, Walikota Bima HM Lutfi, mendatangi TKP dan langsung meninjau korban dan lokasi terjadinya kebakaran.

“Atas kejadian tersebut keseluruhan rumah yang terbakar sebanyak 9 unit rumah. Terdapat 6 unit rumah yang hangus terbakar dan 3 unit rumah mengalami kerusakan ringan. Untuk kerugian secara keseluruhan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” sebut Jufrin. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sejam, 6 Rumah Ludes Dilalap Jago Merah

Terkini

Iklan