Iklan

terkini

NTB Bakal Terapkan ECO Office, Apa Itu?

Jejak Lombok
Tuesday, August 10, 2021, Tuesday, August 10, 2021 WIB Last Updated 2021-08-10T15:17:40Z

Hj. Sitti Rohmi Djalillah

MATARAM
-- Pemprov NTB akan menerapkan kantor ramah lingkungan atau ECO Office di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Setprov NTB. 

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah sangat mengapresiasi penerapan ECO Office yang inisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB. 

“Sudah saatnya kita memulai ECO office ini agar segera dilakukan oleh seluruh OPD,” ungkapnya saat memimpin rapat yang berlangsung di Pendopo Wagub NTB, Selasa (10/8).

ECO Office bagian dari ikhtiar Pemprov NTB terus mendorong terbangunnya kesadaran akan pentingnya lingkungan dan pengelolaan sampah. Aksi ini dimulai dari kantor pemerintahan. 

Penerapan ECO Office memberikan dampak positif. Yakni pengelolaan sampah, melakukan pengelolaan limbah, penghematan air bersih, penghematan listrik.

Dampak lainnya yakni penghematan ATK, adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan menjaga kerapihan. Termasuk juga kebersihan dan keindahan, pengadaan barang dan peralatan lingkungan.

Rohmi juga mengatakan agar penerapan ECO Office di seluruh OPD dapat dimulai pada bulan Agustus ini.

“Pada bulan Agustus semua OPD sudah mulai menerapkan dan kita akan lihat selama 3 bulan kedepan hasil penghematannya, dan akan diberikan reward kepada seluruh OPD yang berhasil menerapkan Eco Office,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK NTB, Firmansyah, memastikan seluruh perangkat persiapan ECO Office sudah tersedia. Alat tersebut seperti surat edaran, petunjuk teknis, modul-modul dan panduan-panduan praktek terbaik dalam pelaksanaan ECO office sudah tersedia. 

"Paling tidak DLHK dapat memenuhi lebih dari setengah standar ECO Office, sehingga dari OPD lain ingin belajar dari segi perencanaan maupun pelaksanaan dapat dilihat dari DLHK," kata  Firman.

Firman juga menuturkan bahwa DLHK telah menerapkan ECO Office sebagai OPD dalam melakukan uji coba.

"Kita sudah memperbaiki taman, mengurangi penggunaan kertas menggunakan soft file," ujarnya.

Langkah lain yang dilakukan yakni pengawasan dengan tenaga customer service dan memastikan tidak ada penggunaan listrik saat di luar jam kantor. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • NTB Bakal Terapkan ECO Office, Apa Itu?

Terkini

Iklan