Jejak Terkini

Selama Ramadan, Begini Capaian Baznas Lotim

Kantor Baznas Lombok Timur

SELONG
-- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur kembali melaporkan hasil pengumpulan zakat infak dan sedekah selama bulan Ramadan 2021 kemarin. Hasil pengumpulan ZIS kali ini didapatkan hanya dalam waktu satu bulan saja.

Sekertaris Baznas Lombok Timur, Abdul Hayyi Zakaria mengungkapkan, total hasil pengumpulan ZIS tahun ini kurang lebih sebesar Rp 3,369 miliar. Angka tersebut didapatkan dari hasil pengumpulan zakat oleh Aparatur Sipil Negara dan pengusaha Lombok Timur. 

Pada bulan April lalu, kata Hayi, Baznas Lombok Timur mampu mengumpulkan ZIS sebanyak Rp 1,142 miliar lebih. Angka tersebut disokong oleh 4 program yaitu, Zakat Mal sebesar Rp 1,34 miliar lebih, infaq sebesar Rp 99,632 juta, Surat Cinta sebesar Rp 6,489 juta dan Kotak sebesar Rp 2,050 juta saja.

"Sedangkan pada bulan Mei, Baznas Lotim dapat mengumpulkan ZIS sebesar Rp 2,227 miliar lebih," ucapnya, Rabu (9/6).

Angka itu didapatkan dari hasil pengumpulan ZIS dari ASN dan pengusaha. Dimana sebesar Rp 1,935 miliar diserap dari zakat mal Rp 61,515 juta diserap dari program infaq Rp 103,058 juta.

Berikutnya, dari program Surat Cinta dan Rp 930 ribu dari program Kotak. Dari hasil pengumpulan tersebut, Lanjutnya, Baznas Lotim berhasil mencapai target. 

Ia menyebut, target yang diberikan sebesar Rp 3 miliar. Namun begitu saat ini Baznas dari program tersebut dapat mencapai Rp 3,369 miliar.

"Dari hasil pengumpulan tersebut, Alhamdulillah kita mencapai target," jelasnya.

Selanjutnya, Hayyi menyampaikan terima kasih kepada para mustahik yang telah menyumbangkan sebagian hartanya. Dimana harta tersebut bakal disalurkan melalui Baznas Lombok Timur.

Ia berharap, pengumpulan zakat dari mustahik dapat bertambah di tahun berikutnya. Sehingga dapat membantu lebih banyak masyarakat yang tergolong tidak mampu. (hs)

Posting Komentar

0 Komentar