Jejak Terkini

Giliran Gunung Jae Jadi Lokasi Bersih-bersih Dispar Lobar

NYAMAN: Kawasan wisata Gunung Jae kian nyaman dikunjungi seiring bertambahnya sejumlah fasilitas pendukung.

GERUNG
-- Kegiatan rutin “Ayo Berwisata Sambil Bersih-Bersih Kawasan Wisata” yang digelar Dinas Pariwisata Lombok Barat terus berlanjut. 

Jum'at (11/6) pagi, kegiatan ini dilaksanakan di Kawasan Wisata Gunung Jae. Obyek yang satu ini terletak di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Lobar, Lalu Rifandhani mengatakan, sejak awal, aksi yang digelar tiap pekan ini diharapkan mampu mengedukasi dan menggugah kesadaran masyarakat. Hajatan itu khususnya bagi masyarakat di kawasan wisata di Lombok Barat agar dapat lebih peduli terhadap kebersihan. 

“Melalui aksi ini kita juga harapkan dapat sharing informasi, bertukar pikiran, dan berdiskusi perihal kepariwisataan dengan pelaku serta masyarakat sekitar kawasan wisata di Lombok Barat,” terangnya.

Selain jajaran Dinas Pariwisata, kegiatan diikuti perangkat pemerintah desa setempat. Ada juga anggota pokdarwis, Bumdes dan masyarakat sekitar kawasan wisata alam Gunung Jae.

Kepala Desa Sedau, Amir Syarifudin menjelaskan, pengembangan kawasan wisata Gunung Jae ini berawal dari pelatihan dan diskusi yang diadakan Dinas Pariwisata Lombok Barat beberapa waktu lalu. Dari proses itu tercetus ide mengembangkan kawasan ini Bukan hanya sekedar area perkemahan biasa.

“Pengelolaan kawasan ini kami mulai dari Oktober 2020 lalu," ucapnya.

Di kawasan Gunung Jae sendiri saat ini sudah tersedia area camping ground. Ada juga fasilitas lain seperti trek bambu yang melintasi area persawahan yang cocok untuk spot foto.

Fasilitas lainnya berupa penyewaan perahu yang relatif murah untuk mengelilingi danau. Termasuk pula, lapak-lapak yang menyediakan makanan dan minuman sehingga para pengunjung tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

Di kawasan yang memiliki luas tidak kurang dari 10 hektare ini tiap pekan selalu ramai didatangi pengunjung untuk berkemah. Bahkan ada juga pengunjung yang menghabiskan waktu berkemah hingga sepekan lamanya.

Di lokasi, pengelola tempat wisata kawasan ini juga menyediakan peralatan kemah dengan aneka paket menarik. 

Ke depan, Pemdes Sedau juga akan melengkapi fasilitas pendukung lain seperti musala, ruang rapat, restoran serta penambahan jumlah perahu.

"Itu yang akan kita benahi di tempat ini," tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar