Jejak Terkini

LPM Awal Perkembangan Pengelolaan Pangan

H. Zulkifliemansyah.

SELONG
-- Gubernur NTB, H Zulkiefklimansyah, meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gotong Royong. Peresmian ini berlangsung di Dusun Kesuit, Desa Sakra Selatan, Kecamatan Sakra Lombok Timur dan ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Orang nomor satu di NTB ini didampingi Kadis Ketahanan Pangan NTB dan Sekda Lombok Timur. Selain itu, ada juga sejumlah perangkat daerah lainnya.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam sambutannya menerangkan, jika program tersebut menjadi awal perkembangan sistem pengelolaan pangan yang dapat diikuti oleh desa lainnya.

Salah satunya melalui pembuatan cold storage. Menurutnya, pemanfaatan teknologi satu ini, dapat berfungsi sebagai penyimpan bahan makanan. Baik berupa sayur-sayuran maupun ikan lebih lama.

"Pemanfaatan cold storage dapat meningkatkan ekonomi nelayan dan petani," katanya.

Hal ini ia ungkapkan cukup mendsar lanataran dengan pemanfaatan teknologi satu ini akan berbuntut pada produk. Masyarakat dapat menjual hasilnya dengan harga yang bersaing di pasaran. 

Karena itu, orang nomor satu di NTB itu meminta kepada jajarannya, agar dapat berkolaborasi dan bersinergi termasuk dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim. 

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, beber Zul, Dusun Kesuit termasuk salah satu dari 15 lokasi di NTB yang terpilih sebagai lokasi pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat. 

"Masyarakat Dusun Kesuit memiliki semangat tinggi mengembangkan potensi pangan yang ada di wilayahnya," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik menyampaikan bahwa Pemkab Lotim, bersyukur dengan dibangunnya LPM di desa tersebut.

Menurutnya, LPM tersebut menjadi yang ketiga yang telah dibangun oleh Pemprov NTB.

Ia beraharap, dengan pembangunan LPM ini, masyarakat bisa berkontribusi mengelola hasil pangan sehingga dapat dirasakan manfaatnya di hari mendatang.

"Terima kasih atas perhatian pemerintah provinsi NTB terhadap masyarakat Lombok Timur," tandasnya. (kin)

Posting Komentar

0 Komentar