Jejak Terkini

Susun Kalender Event, Dispar Lihat Hadirkan Pelaku Wisata dan Media

DISKUSI: Kepala Dispar Lombok Barat, H Saiful Ahkam saat memimpin diskusi terkait penyusunan kalender kegiatan pariwisata.

GERUNG
--Persiapan menyongsong pulihnya wabah virus corona terus digencarkan Dinas Pariwisata. Salah satu langkah yang diambil yakni dengan menyusun Calender of Event (CoE) atau kalender kegiatan.

Senin (25/1), Dispar Lobar mengajak para pelaku wisata dan perwakilan media menyusun kegiatan tersebut. Dari pelaku wisata hadir Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan agen travel. Ada juga dari pelaku media massa dan event organizer (EO).

"Pertemuan ini sendiri menjadi tindak lanjut pembahasan CoE yang sempat dibahas usai kegiatan bersih-bersih kawasan wisata Pantai Senggigi beberapa waktu lalu," ungkap Kepala Dispar Lobar, H Saiful Ahkam.

Keikutsertaan para panelis dalam diskusi dan pembahasan CoE ini dinilai tepat. Pandangan dan masukan dari para panelis semakin memperkaya konten event yang tengah digarap.

“Kita sengaja menghadirkan teman-teman ini sebagai panelis dalam rangka menemukan sesuatu yang baru, yang tepat guna, dan tepat sasaran sebagai ajang promosi kepariwisataan,” terangnya

CoE ini, kata Ahkam, menjadi tahapan bahwa pemerintah tidak diam dalam mempromosikan daerah. CoE yang nantinya akan menjadi agenda tahunan ini menjadi penting bagi wisatawan agar mudah mengetahui event-event pariwisata yang ada di Lobar.

Akhkam berharap melalui pertemuan ini, pihak Dispar Lobar dapat terbantu sehingga memunculkan inovasi segar dalam penyusunan event.

Bukan hanya mengejar angka kunjungan wisatawan saja, tapi penyelenggaraan event diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan para pelaku usaha jasa pariwisata yang ada di Lombok Barat.

“Kami harap banyak muncul ide-ide kreatif dari sini, sehingga acara atau event-even yang akan kita adakan ke depan di tahun 2021 ini bukan hanya sekedar rutinitas biasa yang setiap tahunnya seperti itu-itu saja. Kita butuh sesuatu yang berbeda,” tegas Akhkam.

Edi Anugrah, panelis yang mewakili HPI ini menyambut baik kegiatan yang diadakan Dispar ini. Menurutnya, keterlibatan mereka selaku pelaku wisata dalam penyusunan CoE Lobar tahun 2021 ini adalah langkah yang sangat tepat dalam memunculkan inovasi baru dalam menjalankan kepariwisataan di Lobar.

“Ini adalah suatu terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Lombok Barat dengan melibatkan kami untuk memberikan masukan-masukan terhadap event di tahun 2021 ini," ucapnya.

Ia yakin inovasi yang akan dilakukan Dinas Pariwisata Lihat akan membawa wisatawan yang lebih banyak lagi datang ke Lombok Barat.

Dari inovasi yang lahir ini, sambungnya, event-event yang akan diselenggarakan diharapkan mampu menjadi hal yang luar biasa buat wisatawan yang berkunjung. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar