Iklan

terkini

Keren, Lima Siswa MAN 1 Selong Ciptakan Pengaman Kendaraan

Jejak Lombok
Jumat, 15 Januari 2021, Jumat, Januari 15, 2021 WIB Last Updated 2021-01-15T15:11:20Z

BANGGA: Jajaran pendidik di MAN 1 Selong bangga dengan karya pengaman kendaraan siswanya yang akan dilombakan 25 Januari mendatang.

SELONG
--Inovasi dan prestasi seolah tak henti-hentinya datang dari siswa MAN 1 Selong, Lombok Timur. Kali ini, siswa sekolah itu kembali menciptakan inovasi yang membikin semua pihak berdecak kagum.

Tercatat lima siswa MAN 1 Selong menunjukkan sebuah inovasi yang diberi nama Multifunction Accu Nircable System App (MANSA). Yakni sebuah karya inovasi berupa aplikasi berbasis IOT (Internet Of Thing) yang dapat memfungsikan Accu (Aki) sebagai pengaman kendaraan. 

Dengan alat ini pemilik kendaraan dapat mengontrol kendaraannya melalui handphone (hp). Selain itu, pengguna kendaraan juga dapat melacak kendaraannya jika terjadi kehilangan. Hal itu karena alat ini sudah dilengkapi GPS.

"Dengan alat ini pemilik dapat mengontrol kendaraannya melalui handphone. Jika hilang dapat dilacak keberadaannya karena sudah dipasang GPS," ucap Farid Mubarak, salah seorang tim saat presentasi uji coba, Jum'at (15/1).

Terhadap karya siswanya, Kepala MAN 1 Selong, Nurul Wathoni mengungkapkan, karya lima siswanya ini telah masuk dalam final pada lomba presentasi virtual 25 Januari mendatang. Lomba ini digelar oleh Direktur KSKK dan XL Axiata. 

Bukan main, tim MAN 1 Lotim mampu menerobos 2000 tim peserta lomba kali ini.

Hal itu, lanjutnya, tentu membuat Kamad merasa bangga kepada kelima siswanya ini. Setelah menoreh banyak prestasi, timnya tidak merasa berpuas diri, sehingga terus melakukan inovasi untuk meraih prestasi.

Bukan hanya Kamad, penguji pertama aplikasi hasil inovasi siswa MAN 1 Selong, H Sirojudin mengaku sangat mengapresiasi karya siswa tersebut. Ia menyebut, dengan menggunakan aplikasi itu pemilik kendaraan lebih aman dan nyaman saat meninggalkan kendaraannya. 

Tidak hanya itu, Kepala Kemenag Lotim itu mendorong aplikasi tersebut agar dipasarkan. Ia yakin, alat ini akan laku keras mengingat harganya yang relatif terjangkau.

Selanjutnya, ia berharap aplikasi hasil buah tangan siswa ini mendapat juara pada final lomba 25 Januari mendatang. (hs)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Keren, Lima Siswa MAN 1 Selong Ciptakan Pengaman Kendaraan

Terkini

Iklan