728x90

ad

130 Posyandu Keluarga Diluncurkan di Lombok Barat

DIRESMIKAN: 10 Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Meninting diresmikan Ketua TP PKK Lombok Barat, Hj. Khaeratun.

GERUNG
–Tercatat sebanyak 130 Posyandu Keluarga berdiri di Lombok Barat. Jumlah ini tercatat setelah 10 Posyandu Keluarga diresmikan di wilayah kerja Puskesmas Meninting, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat. 

Rabu (27/1), Ketua TP-PKK Lombok Barat Hj Khaeratun Fauzan Khalid meluncur terbentuknya 10 Posyandu Keluarga baru tersebut. Ini ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon udara di Dusun Lebah Sari, Desa lembah Sari Kecamatan Batulayar.

Hadirnya 10 Posyandu Kuarga baru ini disebutnya menjadi sebuah kebahagian tersendiri bagi Ketua PKK Lobar. Ia berharap posyandu lainnya  juga akan dikembangkan menjadi Posyandu Keluarga. 

"Saya sangat mengapresiasi kinerja Kepala Puskesmas Meninting Zaenal Abidin atas koordinasi, motivasi dan advokasi yang telah dilakukan kepada semua kepala desa di wilayah kerjanya. Sehingga terbentuklah 10 Posyandu Keluarga Baru yang kita launching  hari ini," katanys.

Dia memaparkan berbagai manfaat yang dapat diperoleh dalam pelaksanaan posyandu keluarga. Banyak program yang dapat diintegrasikan dalam Posyandu Keluarga ini. Salah satunya untuk mencegah stunting, mencegah anemia bagi remaja, pemahaman tentang reproduksi sehat, bahaya narkoba, dan merarik kodeq (nikah dini). 

"Bukan hanya program kesehatan yang dapat dilakukan di Posyandu Keluarga ini. Namun program pembangunan keluarga lainnya juga dapat kita integrasikan dalam posyandu ini. Termasuk kegiatan senam bersama di lokasi posyandu untuk meningkatkan imunitas tubuh," sebutnya.

Dia juga mengingatkan kepada PKK desa agar tetap berperan aktif dan ikut membangun desanya. Terlebih dalam membina Posyandu di wilayahnya. 

Dia juga mengingatkan agar pelaksanaan Posyandu dan posyandu keluarga selalu menerapkan protokol kesehatan, dengan memanfaatkan sarana PHBS yang sudah disumbangkan PKK ke posyandu, sehingga dapat mencegah penularan Covid-19. 

"Dengan demikian upaya pencegahan Covid-19 menjadi sebuah kebiasaan terutama dengan 3M, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak," harapnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Meninting Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan semua kepala desa untuk persiapan pelaksanaan posyandu keluarga ini.

"Dengan segala upaya persiapan yang kita lakukan, sehingga semua kepala desa siap untuk melaunching Posyandu Keluarga pada hari ini," katanya.

Dia menyebut, akan terus melakukan advokasi dan koordinasi agar Posyandu-posyandu lain di wilayah kerjanya dapat dikembangkan menjadi posyandu keluarga. Dia juga menambahkan tentang vaksinasi covid-19 yang sudah dimulai oleh tenaga kesehatan (nakes) di Lombok Barat. Termasuk nakes di Puskesmas Meninting, bahwa vaksinasi tersebut tidak menimbulkan efek yang berlebihan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika nantinya akan divaksinasi. (and)

"Agar masyarakat kita tidak mempercayai berita HOAKS terkait vaksin. Karena vaksin ini sudah mendapat persetujuan dari MUI dan BPOM, dengan demikian vaksin sinovac yang digunakan saat ini Aman dan Halal," tutupnya. (and)

Posting Komentar

0 Komentar