Petugas Bebas Covid, Warga Siap Memilih

Husni Abidin

MATARAM
--Pencoblosan Pilkada Kota Mataram dipastikan berlangsung besok, Rabu (9/12). Prosesi pencoblosan siap digelar ditandai dengan bebasnya para petugas di TPS usai mengikuti rapid test.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram, Husni Abidin mengatakan, pencoblosan kepala daerah siap digelar di seluruh TPS. Semua Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) dipastikan terbebas Covid.

"Hasil rapid terakhir hari Minggu kemarin, semua sudah tidak masalah. Semua KPPS kita sehat," ucapnya, Selasa (8/12).

Sebelumnya, KPU Kota Mataram sempat khawatir lantaran ratusan KPPD dinyatakan reaktif. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 380-an orang reaktif dari hasil rapid perdana.

Rupanya ratusan KPPS belakangan telah sehat. Ini ditandai dengan rapid susulan yang menyatakan semua petugas sehat.

Lebih detail Husni menjelaskan penyebab adanya KPPS yang reaktif. Para petugas di TPS ini reaktif lantaran imun mereka sedang down. Kondisi kesehatan mereka anjlok lantaran kurang istirahat.

Demi memastikan proses pencoblosan berjalan lancar, pihaknya lantas meminta petugas istirahat yang cukup. Hasilnya pun cukup baik ditandai nol kasus reaktif.

Di Kota Mataram sendiri terdapat sebanyak 6525 KPPS. Jumlah petugas ini dipastikan siap mengawal terlaksananya Pilkada saat hari pencoblosan besok di 725 TPS Kota Mataram.

Saat ini, jelasnya, logistik Pilkada sudah didrop ke masing-masing kelurahan. Nantinya logistik itu akan didrop ke TPS setelah dibuat.

"Untuk urusan droping ke TPS, itu tugas masing-masing kelurahan," ucapnya.

Kendati memastikan proses pencoblosan siap dilaksanakan, Husni berharap dukungan cuaca yang baik. Pasalnya, bukan tidak mungkin cuaca tidak bersahabat bisa terjadi.

Terkait ikhtiar memaksimalkan partisipasi pemilih, pihaknya memastikan telah menggerakkan semua stakeholder. Bahkan, tempat-tempat ibadah tak luput menjadinl sasaran untuk mensosialisasikan gawe demokrasi ini.

"Kita sudah minta tolong kepada Kemenag Kota Mataram agar tempat-tempat ibadah membantu lewat pengeras suara mengajak masyarakat memilih," tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar