Iklan

terkini

Penuhi Syarat Administratif, 12 Desa di Lobar Siap Mekar

Jejak Lombok
Tuesday, December 22, 2020, Tuesday, December 22, 2020 WIB Last Updated 2020-12-22T07:47:28Z

Heri Ramadhan

GERUNG
--Tercatat 12 desa di Lombok Barat telah menuntaskan syarat administrasi pemekaran. Tidak menutup kemungkinan, target pemekaran desa tahun ini di Lombok Barat bisa mencapai sembilan hingga 10 dari target yang ditentukan.

"Dengan jumlah ini, setidaknya 9-10 desa bisa mekar dari 6 yang kita target sebelumnya," ungkap Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Barat, Heri Ramadhan, Selasa (22/12).

Terhadap 12 desa yang telah penuhi syarat, jelasnya, kini tengah diverifikasi. Sembari verifikasi, pihaknya juga tengah melakukan persiapan untuk pemekaran desa tersebut.

Dengan persiapan yang dilakukan, Peraturan Bupati (Perbup) untuk desa-desa yang tengah dipersiapkan dapat diterbitkan. 

Kendati sudah melengkapi syarat administrasi, jelasnya, pihaknya juga harus memeriksa kondisi riil lapangan. Apakah desa ini benar-benar siap menjadi desa atau sekedar jadi desa persiapan dulu.

Di mana kata dia, persyaratan dasar yang sudah dipenuhi, seperti luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah KK, tidak ada lagi masalah soal batas desa induknya. Selain itu, jumlah dusun yang memenuhi syarat untuk pemekaran juga diperiksa.

"Setelah itu kita siapkan dia menjadi desa definitif," imbuhnya. 

Dalam rencana pemekaran desa ini, merupakan inisiatif dari pemerintah desa maupun peraturan daerah. Namun begitu, keputusan final tetap ada di Pemkab. 

"Setelah masuk dari bawah, kita uji kelayakannya baik secara administratif, secara fisik, secara teknis dan kewilayahan," bebernya.

Ia menyebut tujuan dari pemekaran desa untuk kesejahteraan masyarakat maupun keefektifan pelayanan di masyarakat. (and)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penuhi Syarat Administratif, 12 Desa di Lobar Siap Mekar

Terkini

Iklan