Jejak Terkini

Menuju Desa Mandiri, Kuripan Jajaki Aplikasi Desa Digital

Hasbi

GERUNG
–Demi memudahkan dan mempercepat pelayanan di desa, jajaran Pemerintah Desa Kuripan mengundang tim pengembang aplikasi Portal Desa Digital (PDD). Diundangnya pengembang ini untuk mendukung konsep Desa Mandiri.

Kepala Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Hasbi mengatakan, pertemuan kedua belah pihak diharap bisa memaksimalkan layanan di desa. Terlebih saat ini pemerintah desa dituntut mengutamakan pelayanan.

"Warga saat ini butuh pelayanan yang cepat dan transparan serta efisien," ucapnya, Rabu (16/12).

Dengan adanya aplikasi digital dalam proses layanan, lanjutnya, kedepan warga bisa cepat dan mudah memenuhi keperluannya. Baik itu seperti surat menyurat dan lain sebagainya 

Untuk mendukung Desa Kuripan menuju desa digital, dia akan mencoba menerapkan sistem digitalisasi. Langkah ini dengan merangkul tim digital desa dari Jakarta. 

Sementara itu Koordinator Tim Desa Dogital, Emy menyampaikan, Desa Kuripan akan menerapkan program tersebut.  

"Kita rencanakan akan launching dengan menggunakan sistem portal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tanggal 27 Desember besok di kantor Desa Kuripan. Portal ATM ini berisi berapa fitur termasuk ada 50 jenis surat yang disiapkan untuk kebutuhan warga," katanya. 

Dijelaskan Emy, kemudahan dari program ini masyarakat bisa langsung mencetak sendiri surat yang dibutuhkan.  Karena itu, jenis program ini dipastikan sangat dibutuhkan masyarakat.

Lewat program ini, nantinya warga tinggal datang lalu memasukkan nomor NIK, KK atau KTP. Lalu, secara otomatis identitas warga yang bersangkutan akan ada di surat yang ingin diprint atau dicetak.

Dalam program ini kata Emy, tidak kurang dari 50 surat yang bisa diakses. Sementara data yang ada secara otomatis akan diambilkan dari link server yang ada sesuai data di desa dan dukcapil. 

Selain itu jelas Emy, keuntungan dari program ini adalah memudahkan dan mempercepat pelayanan kepada warga masyarakat. (and)

Posting Komentar

0 Komentar