Iklan

terkini

Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Masih Aman

Jejak Lombok
Thursday, December 24, 2020, Thursday, December 24, 2020 WIB Last Updated 2020-12-24T03:42:08Z

AMAN: Ketersediaan pupuk subsidi bagi petani di Lombok Barat masih aman.

GERUNG
—Ketersediaan pupuk bersubsidi bagi para petani di Lombok Barat (Lobar) di musim tanam 2020-2021 masih aman. Diman persediaan pupuk ini bisa bertahan hingga akhir tahun.

Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat, H Muhir Zokhri mengatakan, musim tanam sendiri sudah berlangsung sejak Oktober lalu. Dengan penyusutan lahan pertanian saat ini, ketersediaan pupuk yang ada dipastikan bisa terpenuhi.

"Per Desember ini saja, persediaan pupuk urea kita masih ada 237 ton untuk yang subsidi," ungkapnya, Kamis (24/12).

Dari jumlah itu, jika dijumlahkan dengan ketersediaan pupuk non-subsidi, tidak ada kekhawatiran mengenai kelangkaan pupuk bagi petani. Selain urea, stok pupuk jenis lain seperti SP36 ada 92 ton dan ZA 53,40 ton.

Dirinya menyebut, dengan jumlah ketersediaan pupuk itu, akan mampu memenuhi kebutuhan petani hingga akhir Desember nanti. Baru kemudian disambung lagi dengan pendistribusian untuk tahun 2021 yang akan dimulai sejak awal Januari nanti. 

"Luasan areal di Lombok Barat 17.000 hektar lebih. Nah, target kita memang di bulan Desember ini, tanam padi itu kurang lebih sekitar 6.000 hektar," bebernya. 

Terkait usulan tahun 2021 nanti, diakui dia bahwa saat ini Rencana Definitif Kelompok Tani (RDKK) di Lombok Barat sudah masuk sekitar 26 ribu lebih. Belum lagi, akan ada tambahan melalui relokasi pupuk yang bisa didapatkan dari daerah lain yang memiliki stok pupuk dengan jumlah lebih. 

"Dan itu sudah kita ajukan untuk mengamankan ketersediaan pupuk kita di Lombok Barat," imbuhnya. 

"Kalau dikaitkan dengan penyusutan lahan kita, ini kan belum sampai dua persen. Jadi saya kira, itu relatif tidak mempengaruhi, apalagi kalau dosis penggunaan pupuk yang sesuai aturan," tutupnya. (and)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketersediaan Pupuk Bersubsidi Masih Aman

Terkini

Iklan