Jejak Terkini

Ini Hasil Rekap Kerusakan Banjir Bandang

GOTONG ROYONG: Warga Desa Mumbul Sari bergotong royong pasca banjir bandang.

SELONG
—Banjir bandang yang terjadi Senin kemarin (14/12) rupanya mengakibatkan dampak cukup serius. Tercatat banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh banjir yang melanda tiga desa itu.

Seperti dilansir sebelumnya, ada dua desa yang di Kecamatan Pringgabaya yang terdampak. Kedua desa itu yakni Mumbul Sari dan labuan Lombok.

Namun dalam catatan BPBD, desa lain yang terdampak banjir bandang juga yakni Desa Perigi, Kecamatan Suela Lombok Timur. Banjir bandang yang terjadi di desa ini bersamaan waktunya dengan dua desa yang ada di Kecamatan Pringgabaya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, Toni Satrya Wibawa merinci dampak banjir tersebut. Di desa Mumbul Sari terdapat empat dusun terdampak. Keempat dusun itu yakni, Dusun Mandar, Dusun Brang Tapen, Dusun Sasak, dan Dusun Dames.

“Kalau dirinci dari dampak rumah tergenang, masing-masing yakni 513 unit, 364 unit, 439 unit dan 253 unit,” ucapnya, Selasa (15/12).

Sementara di Desa Labuan Lombok, banjir setidaknya menerjang tiga dusun. Ketiga dusun itu yakni Turingan, Jatiluhur dan banjar. Untuk rumah terdampak yang tergenang masing-masing yakni, 339 unit, 7 unit dan 48 unit.

Akibat kepungan banjir yang menerjang di dua desa itu mengakibatkan sebanyak 1.945 unit rumah terendam.

Bergeser ke Desa Perigi, akibat banjir bandang rupanya membuat dua unit rumah warga mengalami kerusakan. Bahkan, tembok SDN 4 Perigi dibuat ikut rusak.

Data lain yang telah dihimpun BPBD yakni akses jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer yang menghubungkan Mumbul Sari dan Labuan Lombok tergenang. Kondisi ini berakibat akses jalan sepanjang  itu terganggu.

“Sumur warga juga tercemar dan bahkan tanggul sungai Cermei sepanjang 6 meter jebol. Ada juga jembatan yang rusak,” ujarnya.

Terhadap dampak yang ditimbulkan banjir itu rupanya pihak BPBD telah mengambil tindakan taktis. Beberapa tindakan yang diambil yakni evakuasi serta menyuplai kebutuhan sementara yang diperlukan warga.

Pihaknya juga akan memperbaiki sejumlah kerusakan yang ditimbulkan banjir. Beberapa kerusakan itu seperti tanggul jebol dan jembatan yang rusak. (jl) 

Posting Komentar

0 Komentar