728x90

ad

Teknologi Tepat Guna Lombok Barat Dipamerkan

UJICOBA: Bupati Lobar, H Fauzan Khalid saat mencoba sebuah kendaraan atau mesin perontok padi hasil ciptaan warga Lobar.

GERUNG
--Beberapa peserta dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) se-Lombok Barat (Lobar) menggelar pameran mini teknologi. Hasil karya tersebut dipamerkan dalam pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Lobar tahun 2020.

Pameran yang dilaksanakan di UPT Gula Aren Wadon, Kekait Kecamatan Gunungsari ini memamerkan Anek mesin ciptaan warga Lobar. Di antara mesin yang dipamerkan yakni mesin perontok padi, pemurni vco, pencacah pakan, mesin spinner, mesin mixer  dan chopper, mesin roasting dan lain-lain.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid usai meninjau pameran TTG  mengatakan, semua IKM yang ikut pameran akan diundang menemui dirinya. Undangan ini untuk menyerap apa saja kendala para inovator pencipta mesin tersebut.

"Saya tidak mau setengah-setengah, maunya saya IKM ini terus berkelanjutan," akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Lobar H Sabidin berharap, pihaknya dapat memperkenalkan hasil karya tersebut. Demikian pula dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain yang ada di Lihat.

“Lebih-lebih OPD dapat memesan produk hasil industri kita sendiri, tidak lagi mencari keluar,” katanya. 

Menurutnya, produk sendiri ada kelebihannya. Di lain sisi, harga yang diberikan juga relatif lebih murah dibanding mesih hasil pabrikan.

“Akan sangat bermanfaat sebagai penggerak ekonomi lokal, terlebih dengan adanya Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 21 Tahun 2017 tentang Penggunaan Produk Lokal sebagai payung hukum untuk mendukung gerakan pemberdayaan ekonomi lokal,” tutupnya. (and)

Posting Komentar

0 Komentar