Iklan

terkini

Perahu Terbalik, Dua Nelayan Terjebak Diselamatkan

Jejak Lombok
Sunday, November 29, 2020, Sunday, November 29, 2020 WIB Last Updated 2020-11-29T08:52:18Z

EVAKUASI: Satpolair Polres Lobar saat mengevakuasi dua nelayan yang perahunya terbalik.

GERUNG
--Perahu nelayan terbalik di perairan Senggigi Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Buntutnya, dua nelayan yang menumpangi perahu tersebut terjebak digelarnya malam, Sabtu (28/11).

Kedua nelayan itu yakni, Sahman 28 tahun dan Arfah 29 tahun. Keduanya merupakan warga Dusun Kerandangan Desa Senggigi Kecamatan Batulayar.

Kapolsek Senggigi, AKP Bowo Tri Handoko mengatakan, karamnya perahu nelayan di Perairan Senggigi ini terjadi di tengah gelapnya malam. Beruntung keduanya berhasil diselamatkan.

Kronologis karamnya perahu nelayan ini berawal pada pukul 21.00 Wita. Kedua korban pergi memancing dan menurunkan perahunya di depan hotel Pasific.

“Sekitar 500 meter dari pantai, korban menurunkan jangkar, karena tertarik oleh jangkar perahu yang mereka naiki, mengakibatkan perahu menjadi terbalik,” jelasnya.

Panik atas kejadian yang menimpa mereka, kemudian kedua korban berusaha meminta pertolongan. Mereka berteriak dan menyalakan senter yang mereka bawa.

Beruntung teriakan permintaan tolong para korban ini didengar salah seorang warga yang berjualan jagung bakar di jalan raya sebelah barat hotel Sheraton.  Mendengar terikan dan melihat nyala senter korban, pedagang jagung bakar itu spontan menuju Polsek Senggigi.

Dagang jagung bakar itupun melaporkan apa yang disaksikannya. Demi menghindari kemungkinan buruk yang menimpa kedua nelayan, kepolisian langsung berkoordinasi dengan Satpolair Polres Lobar.

Mendapat laporan itu, Kasat Polair Polres Lobar Iptu Turmizi segera mengerahkan personelnya. Dimana personel tersebut memang telah disiagakan di Pos Polair Dermaga Senggigi.

Bersama Polsek Senggigi kemudian pihaknya melakukan evakuasi menggunakan perahu karet milik Sat Polair. Barulah sekitar pukul 22.40 Wita kedua korban berhasil dievakuasi ke darat dalam keadaan selamat.

Atas kesigapan personel Polsek Senggigi dan Sat Polairud Polres Lobar, dipastikan dua korban tidak mengalami luka-luka ataupun masalah lainnya.

“Kegiatan evakuasi berjalan dengan aman dan lancar. Namun demikian kita diharapkan kepada para nelayan, untuk tetap waspada bila melaut, apalagi cuaca akhir-akhir ini tidak menentu,” tutupnya. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perahu Terbalik, Dua Nelayan Terjebak Diselamatkan

Terkini

Iklan