Jejak Terkini

Menikmati Surga di Tiga Gili di Lombok Barat

INDAH: Beginilah pemandangan tiga Gili di Lombok Barat (Nanggu, Tangkong dan Sudak) yang terlihat indah.

GERUNG
--Lombok Barat dikenal memiliki banyak gili (pulau-pulau kecil) dengan keindahan luar biasa. Hanya saja, keindahan gili-gili tersebut masih jarang dieksplorasi.

Di kawasan Lombok Barat ada banyak gili yang bisa dikunjungi. Sebut saja Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Asahan, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili layar dan Gili Rengit. Semua Gili ini terkonsentrasi di Kecamatan Sekotong.

Nah, di antara gili-gili tersebut yang paling sering dikunjungi yakni Gili Tangkong, Sudak dan Gili Nanggu. Oleh pemerintah daerah setempat menyebut ketiga Gili itu dengan singkatan Gita Nada.

Bagi wisatawan yang tak suka keramaian dan ingin menikmati pantai lebih privat, maka tiga gili ini menjadi pilihan yang tepat. 

Wisatawan asing asal Prancis, Brechler menuturkan, suasana dan view di tiga gili tersebut bagaikan emas. 

"Di sini tidak terlalu ramai, bangunannya sedikit. Jadi terasa tenang dan nyaman, tidak seperti di tempat lain yang begitu banyak orang. Cuacanya pun bagus," akunya, kepada JEJAK LOMBOK, Jum'at (20/11).

Tiga gili ini punya hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Gradasi warna lautnya membuat mata pengunjung akan terpesona dengan keindahannya.

Saking jernihnya, banyak wisatawan mancanegara berlibur ke sini melakukan aktivitas seperti snorkling. Karena pemandangan bawah lautnya dengan terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan-ikan dan biota laut lainnya sangat gampang dilihat.

Pengunjung pun bisa menikmati pemandangan di sekeliling gili yang memanjakan mata. Di gili ini juga pengunjung bisa camping di tiga pulau kecil ini.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram. Untuk menyeberang ke pulau-pulau kecil ini, wisatawan harus menyeberang melalui Pelabuhan Tawun di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Raili (56) pemilik kapal di pelabuhan tersebut menyatakan, wisatawan hanya perlu menyewa kapal kayu bermesin dengan tarif Rp 250 ribu. Dengajumlah sewa itu, wisatawan sudah bisa keliling tiga gili tersebut.

Kapal akan mengantarkan wisatawan ke gili-gili yang dituju dan mengantar kembali ke pelabuhan Tawun.

"Selain membayar sewa kapal, wisatawan juga harus membayar tiket masuk ke gili Rp 5 ribu per orang. Sementara untuk wisatawan asing Rp 15 ribu," ucapnya di sela-sela menahkodai kapalnya menuju Gili Nanggu.

Dari Pelabuhan Tawun, perjalanan penyeberangan ke Gili Nanggu menempuh waktu sekitar 20 menit saja.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tiga gili ini dengan rute pergi-pulang tidak perlu khawatir. Pemilik kapal akan menunggu pengunjung jika ingin singgah dan menikmati tiap gili. Penyeberangan menuju antar-gili hanya perlu menempuh waktu sekitar 10 menit.

Sepanjang penyeberangan, pengunjung akan disuguhi panorama pantai yang cantik. Jadi tunggu apalagi? Ayo liburan ke gili-gili yang ada di wilayah Sekotong dijamin asyik. (and)

Posting Komentar

0 Komentar