Jejak Terkini

Dinsos Bentuk Lembaga Baru Selesaikan Permasalahan Kemiskinan di Lotim

Saefudin Zuhri

SELONG
--Dinas Sosial (Dinsos) Lombok Timur kini membentuk lembaga-lembaga baru untuk mengurangi angka kemiskinan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Pelayanan Fakir Miskin Dinsos Lotim, Saefuddin Zuhri mengatakan, ada beberapa lembaga baru dibentuk. Diantaranya kami, Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK).

"Tujuan lembaga UPTPK ini untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di masyarakat, supaya satu pintu," jelasnya.

Saefuddin mengatakan, dengan adanya UPTPK ini masyrakat bisa mengadukan persoalan kesehatanya. Begitu juga jika ada masalah bantuan, pendidikan dan pengaduan soal rumahnya cukup datang ke UPTPK. 

"Nantinya UPTPK yang akan mengkoordinasikannya ke OPD-OPD terkait dan lembaga ini dibentuk sudah satu tahun yang lalu dan sudah 8.010 rumah tanggga di selesaikan permasalahanya," sebutnya.

Sementara itu, ada juga lembaga Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) yang dibangun. Lembaga ini baru dibentuk dan bertujuan menampung masyarakat miskin yang terlantar. 

"Seperti orang yang tidak terurus di kampungnya, orang gila dan pemulung ditemukan berlalu lalang di perkotaan bisa ditampung sementara di RPTC ini," ucapnya.

Ia sebutkan lembaga Rumah Perlindungan Teroma Center (RPTC) tahun ini akan diresmikan oleh Bupati Lombok Timur. Selain itu, ada lembaga yang terkini terbaru yaitu lembaga Tim Reaksi Cepat Sosial Terpadu (TRCST) dimana lembaga ini menyelesaikan permasalahan masyarakat yang tidak tertangani cepat, seprti ada masyarkat rumah yang sangat roboh. 

"Permasalahan seperti ini akan langsung ditangani oleh Tim Reaksi Cepat dan tim ini anggotanya dari TKSK, camat, dan Bagian Kesra, " jelasnya.

Dengan adanya lembaga ini diharapkan persoalan-persoalan kemiskinan di Lombok Timur bisa terselesaikan dengan baik. Dengan demikian tidak ada keluhan-keluhan masyarakat. (cr-zaa) 

Posting Komentar

0 Komentar