Asyik, Para Pekasih Segera Diberikan Motor

HM. Juaini Taofik

SELONG
--Salah satu janji kampanye pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dan H Rumaksi yakni pengadaan sepeda motor untuk pekasih. Janji kampanye itu sepertinya bakal segera terwujud. 

Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya ingin pasangan kepala daerah ini berfokus menuntaskan janji-janji kampanye. Salah satu janji yang dalan waktu dekat hendak direalisasikan adalah kendaraan operasional untuk para pekasih. 

"Memang kondisi kita berbeda-beda, kalau di Kecamatan Selong bisa jadi tidak terlalu membutuhkan," katanya, Rabu (21/10).

Beda halnya dengan beberapa kecamatan yang notabenenya menjadikan pertanian sebagai mata pencaharian utama. Terlebih pada saat waktu yang sulit, pekasih menjadi orang penting bagi jalannya pertanian. 

Menurutnya, orang penting itu bukan dari jabatan yang melekat, lebih dari itu menyangkut fungsinya. Ia tak memungkiri pekasih manjadi orang penting terlebih pada saat musim kemarau. 

Di samping memenuhi janji, imbuhnya, faktanya pekasih ini memang perlu di bantu. Salah satunya melalui adanya motor operasional. 

"Ini bentuknya bertahap berlanjut sesuai kemampuan keuangan daerah," sebutnya.

Anggaran untuk pengadaan program Sukma itu sebanyak Rp 5 miliar. Maka satu desa akan mendapatkan satu kendaraan operasional bagi pekasih. 

Nantinya, lanjut Taofik, kendaraan tersebut akan diberikan ke Pemdes lantaran pekasih merupakan organisasi kemasyarakatan di tingkat desa. Dimana fungsinya yakni mengatur lalu lintas air irigasi bagi pertanian. 

Ia.memastikan, tahun 2021 nanti satu desa satu motor untuk pekasih. Dasar pemberian motor tersebut merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. 

Di lain sisi, pemberian motor itu untuk meningkatkan movitasi kerja petugas pengatur irigasi pertanian itu. 

"Ini tidak cukup tapi nanti bisa dikoordinir oleh ketua di masing-masing desa kalau ingin melihat air ke hulu ada yang digunakan," tandasnya.

Salah satu Pekasih di Desa Songak, Sahban membenarkan, salah satu kebutuhan yang sangat ditunggu oleh pekasih yakni sepeda motor. 

"Kalau ditanyak butuh, ya kita butuh karena kan tidak semua pekasih punya motor," ujarnya. (cr-sy)

Posting Komentar

0 Komentar