728x90

ad

Menkominfo: Pembangunan Infrastruktur TIK Mandalika Jadi Prioritas

TINJAU: Menteri Kominfo RI Jhonny G. Plate bersama Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah saat meninjau KEK Mandalika.

PRAYA
--Usai meninjau langsung miniatur sirkuit di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengikuti rapat koordinasi dukungan pembangun infrastruktur telekomunikasi di wilayah pariwisata super prioritas Provinsi NTB. Kegiatan berlangsung di Novotel Resort and Villas, Kamis (24/9).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, menyampaikan dirinya bahagia dapat berkunjung kembali ke NTB. Kedatangannya kali ini dalam rangka menindaklanjuti arahan presiden terkait akselerasi transformasi digital sebagai antisipasi bangsa Indonesia terhadap Covid-19.

Ada dua tugas yang diemban selama berada di NTB. Yang utama yakni memastikan kesiapan penyelesaian pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk desa-desa yang belum ada cakupan sinyal 4G di NTB. 

Tugas selanjutnya yaitu memastikan pengembangan infrastruktur TIK destinasi wisata super prioritas Mandalika terlengkapi.

"Salah satu sektor yang menjadi pondasi kuat untuk lompatan besar Indonesia di masa Covid dan setelah Covid nanti adalah menyelesaikan kebijakan di sektor Informatika dan Telekomunikasi," ujarnya.

Tanpa tersedianya infrastruktur TIK, lanjut Johnny, maka usaha untuk masuk ke akselerasi transformasi digital tentu terkendala. Namun bila dilengkapi dengan pembangunan infrastruktur TIK yang baik dan dihadirkannya sinyal 4G di seluruh wilayah nasional khususnya di wilayah administratif pemerintahan, diharapkan akan mendorong Indonesia untuk mengawali kesiapan Indonesia menjadi bangsa digital.

"Disamping BTS yang akan dibangun, Kominfo juga akan menyediakan akses internet untuk wilayah yang belum tersedia sinyal 4G langsung di satelit," ujarnya.

Karena itu, Kominfo akan memperluas ketersediaan kapasitas satelit, yang saat ini untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi nasional.

Johnny memastikan, Mandalika menjadi prioritas dalam pembangunan sarana dan prasarana. Selain itu, Mandalika akan menjadi arena Indonesia untuk mengejar dampak dari Covid-19 terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

Johnny lalu mengajak seluruh elemen untuk berkolaborasi, berkoordinasi, mendukung serta memastikan pembangunan tersebut. Proses pbangunan hendaknya dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang optimal dan maksimal. 

"Komitmen pemerintah, komitmen Bapak Presiden tetap tinggi, memastikan menyelesaikan seluruh sarana dan prasarana di lima wilayah destinasi bahkan menambah lima destinasi lagi, sehingga menjadi 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah menyampaikan, pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk tidak produktif. Munculnya pandemi ini justru menjadi penyemangat dan tantangan untuk terus membangun dan terus berlari.

Gubernur menilai, Menteri Johnny memiliki semangat yang luar biasa dalam bersinergi membangun negeri."Beliau hari ini datang ke NTB, mudah-mudahan ini memaksa Telkomsel, Telkom dan lain-lainnya untuk perubahan yang ada di tempat kita," ungkapnya, saat memberikan sambutan pada rakor yang bertajuk "Pembangunan BTS dan Akses Internet di Wilayah NTB” tersebut. 

Dengan adanya dukungan pembangunan dari Kementerian Kominfo ini, NTB pada tahun 2021 mendatang mampu menjadi tuan rumah yang baik untuk pelaksanaan event akbar MotoGP yang menjadi etalase Nasional. 

"Atas nama Pemerintah NTB, atas nama masyarakat NTB, kami ucapakan selamat datang , mudah-mudahan meninggalkan kesan yang baik dan Abang membawa banyak perubahan bagi provinsi yang kami cintai ini," tutup Zul. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar