Iklan

terkini

HUT Lantas, Pemerintah Luncurkan Go SIM dan Samsat Apps

Jejak Lombok
Tuesday, September 22, 2020, Tuesday, September 22, 2020 WIB Last Updated 2020-09-22T07:34:32Z

 Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah

MATARAM
--Di masa pandemi, pemerintah senantiasa berinovasi agar segala akses pelayanan lebih dekat dan mudah kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan  Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah dalam acara syukuran HUT Lalu Lintas Polda NTB yang dirangkaikan dengam peluncuran aplikasi Go SIM dan Samsat Apps bertempat di Polda NTB, Selasa (22/09).

Aplikasi-aplikasi tersebut kini tersedia di Playstore dan dapat di unduh dengan gratis oleh warga NTB. 

Wagub mengapresi terobosan tersebut. Menurutnya, pelayanan berbasis teknologi informasi selain memudahkan masyarakat di tengah pandemi, juga dapat membangun kesadaran untuk taat pajak.

"Pelayanan masyarakat melalui teknologi aplikasi juga sungguh menjawab tantangan masa kini. Masyarakat mudah terlayani juga tidak ada lagi penundaan pembayaran pajak dan pembayaran SIM,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi berbagai kemajuan dalam penanganan kecelakaan lalu lintas oleh Kepolisian Daerah NTB, khususnya Direktorat lalu Lintas. Meski banyak tantangan, Polda disebutnya terus berikhtiar untuk mewujudkan visi nol kecelakaan di NTB. 

Senada, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal mengatakan, selain pemanfaatan teknologi aplikasi pelayanan SIM dan pajak, bentuk intervensi di masa pandemi yang dilakukan Polda adalah fungsi pendisiplinan berlalu lintas dalam penegakan protocol kesehatan. Ia menyebut, tidak semua Polda melakukan inovasi pelayanan berbasis teknologi.

Aplikasi yang diluncurkan ini disebutnya sebagai inovasi menghindari kerumunan di masa pandemi. Selain itu, untuk kemudahan pelayanan sampai ke rumah warga masyarakat diharapkan sebagai pembenahan dalam hal pelayanan dan pengelolaan pajak terutama di Gedung Samsat Bersama.

“Jadi momen ulang tahun Lalu Lintas sebagai bahan kontemplasi untuk perubahan di masa depan”, kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, fungsi lalu lintas dalam satuan kerja adalah etalase kepolisian. Banyak pekerjaan lalu lintas yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Karena itu, Ditlantas harus lebih perform dalam memberikan pelayanan. Dalam mengamankan dan melayani, polisi lalu lintas harus menjadi trendsetter yang selangkah lebih maju dari satuan kerja lain karena sesungguhnya core business kepolisian adalah pencegahan. Menjaga ketertiban dan keamanan serta fungsi penyadaran di masyarakat akan menghadirkan keselamatan dan kenyamanan.

“Karena itu, terjadinya kejahatan sesungguhnya dapat dikatakan meleset (missed) dari kerja kerja kepolisian. Untuk menutup kesempatan terjadinya kejahatan dibutuhkan kerja yang luar biasa,” ucap Iqbal. 

Meski jarang terekspos seperti kerja satuan reserse dalam pengungkapan kasus, Lalu Lintas adalah pahlawan sesungguhnya karena memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat sebelum kecelakaan terjadi. (jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • HUT Lantas, Pemerintah Luncurkan Go SIM dan Samsat Apps

Terkini

Iklan