Jejak Terkini

Dukung Kemerdekaan Palestina, Gubernur Zul Puji TGB

LAWAN KOLONIALISME: Aneksasi tanah Palestina oleh Israel harus dilawan dengan memberi dukungan terhadap Bangsa Palestina.

MATARAM--Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah berharap dukungan terhadap kedaulatan Palestina harus terus disuarakan. Dukungan ini senada dengan Presiden RI Joko Widodo.

"Untuk mewujudkan cita-cita besar sebuah bangsa, dibutuhkan perjuangan dan pengalaman panjang, termasuk pengalaman internasional," ucapnya, Sabtu (22/8).

Jika dilihat ke belakang, lanjutnya, kemerdekaan bangsa Indonesia diinisiasi oleh mereka yang memiliki pengalaman internasional. Pendiri bangsa Indonesia seperti Soekarno dan Hatta serta yang lain membuktikan hal itu.

Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina ini disuarakan Zulkieflimansyah saat membuka acara webinar kebangsaan. Webinar ini bertema Soekarno dan Isu kemerdekaan Palestina.

Dalam acara tersebut diselenggarakan Amal Bakti Dunia Islam (ABADI) itu, bebernya, para pendiri bangsa itu telah lama menuntut ilmu di Belanda. Namun demikian, mereka memiliki andil yang sangat besar terhadap kemerdekaan Indonesia.
Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah (atas) dan TGB (bawah)

Karena itu, jelasnya, pilihan Amal Bakti Dunia Islam (ABADI) selaku penyelenggara  menghadirkan Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa TGB sebagai narasumber merupakan pilihan yang tepat. TGB dinilai memiliki  pengalaman internasional dan kemurnian yang dapat menjadi horizon dalam memaknai persoalan Palestina. Terlebih dengan pengalaman menjabat sebagai gubernur NTB selama dua periode sebelumnya.

"TGB memiliki pengalaman internasional dan pengalaman di pemerintahan. Pengalaman dan kemurnian TGB dapat menjadi horizon dalam memaknai kemerdekaan Indonesia termasuk di dalamnya persoalan palestina ini," jelas gubernur lulusan Universitas Strathclyde UK tersebut.

Lebih jauh gubernur yang karib disapa Bang Zul menjelaskan, pengalaman internasional membuat seseorang akan lebih mampu menerima perbedaan suku bangsa dan bahasa. Sehingga orang-orang akan menyadari bahwa tidak ada perbedaan antara kulit putih dengan kulit berwarna. Keduanya sama-sama memiliki potensi yang bisa dikembangkan.

Selain diisi oleh Gubernur NTB periode 2008—2013 dan 2013—2018 dan dibuka langsung oleh Gubernur teranyar NTB, webinar tersebut juga diisi langsung dari Palestina oleh Ustad Abdillah Abdillah Onim. Sosok ini merupakan aktiflvis kemanusiaan Palestina internasional.

Di akhir sambutannya Bang Zul berharap dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina bisa terus disuarakan.

"Mudah-mudahan dengan diadakan webinar ini dapat membuat kita semakin terpacu untuk mendukung kemerdekaan Palestina," tandasnya. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar