Jejak Terkini

HBK Adakan Literasi Jasa Keuangan di Mataram

RESES: Kehadiran TIm HBK PEDULI di tengah-tengah masyarakat sangat dirasakan warga Kota Mataram.
MATARAM--Wakil Ketua Komisi I DPR RI, H. Bambang Kristiono, atau yang akrab dipanggil HBK memanfaatkan masa resesnya dengan berbagai kegiatan. Salah satu yang didlakukan yakni meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dengan menggelar kegiatan literasi jasa keuangan di Kota Mataram.

Kegiatan bertema "Penyuluhan Jasa Keuangan Bersama Anggota DPR RI H. Bambang Kristiono (HBK)" ini, digelar Kamis (30/7). Kegiatan melibatkan Tim HBK PEDULI Kota Mataram bekerjasama dengan Yayasan Swadaya Membangun Mataram, dan OJK Provinsi  NTB.

Penyuluhan dilaksanakan di 6 Kecamatan yang ada di Kota Mataram, dengan menghadirkan peserta antara lain para pelaku UMKM terdampak Covid-19. Ada pula pelaku industri jasa keuangan lokal, pelaku pariwisata dan pelaku jasa transportasi.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pak HBK kepada UMKM terdampak Covid-19 di Kota Mataram. Materi kegiatan penyuluhan jasa keuangan antara lain, tentang edukasi dan pemanfaatan produk industri Jasa Keuangan secara door to door dimasa pandemi Covid19,"  kata Ketua HBK PEDULI Kota Mataram, Ustadz Amrilah, di sela-sela kegiatannya, Kamis (30/07) di Mataram.

Selain kegiatan penyuluhan jasa keuangan, Tim HBK PEDULI juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako dari untuk masyarakat terdampak pandemi Covid19.

Ustads Amrilah mengatakan, metode penyaluran bantuan paket2 sembako ini dilaksanakan secara door to door. Penyaluran ditujukan kepada kelompok-kelompok sasaran terutama masyarakat terdampak.

Tiap paket sembako itu terdiri dari beras beras 3 Kg, Minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, ikan sarden 2 kaleng. Ada juga telur ayam 1 trai (10 butir), mie instant 4 bungkus, hand sanitizer 100 ml 1 botol dan masker.

Bantuan sebanyak 500 paket sembako tersebut, tercatat 200 paket sembako disalurkan bersama Yayasan Swadaya Membangun Mataram. Sasarannya yakni orang tua jompo, anak yatim piatu yang tidak mampu, dan kelompok nelayan di wilayah Pondok Perasi.

Kemudian 300 paket Sembako lainnya, disalurkan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Mataram.

Ustads Amrilah mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan HBK di Kota Mataram. Bantuan yang disalurkan mendapat respons positif dan sangat antusias dari masyarakat. Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat, meringankan kesulitan masyarakat terdampak Covid19.

Salah satu penerima bantuan M Husni, seorang nelayan di Pondok Perasi, Ampenan, mengaku tidak mengenal HBK, dan juga bukan pemilihnya pada saat Pileg lalu. Namun ia bangga dan terharu, karena juga ikut mendapat bantuan yang tanpa pandang bulu.

"Saya secara pribadi tidak mengenal Pak HBK, saya juga bukan pemilihnya. Tapi program-program dan kepeduliannya Pak HBK, telah menyentuh orang-orang seperti kami. Mudah-mudahan Pak HBK dan keluarga sehat terus, dan dilimpahi rezeki yang cukup," ujarnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPR RI H Bambang Kristiono (HBK) mengatakan, kegiatan di masa reses ini dihajadkan untuk menyentuh masyarakat di bawah. Sentuhan terutama untuk masyarakat dan pelaku UMKM terdampak Covid-19.

HBK menyampaikan apresiasi kepada OJK dan semua Tim HBK Peduli yang sudah bersama-sama memberikan literasi jasa keuangan bagi para pelaku UMKM.

Pria yang dikenal sebagai Samurai Prabowo ini menegaskan, dalam situasi sulit akibat pandemi Covid19 ini, empati dan rasa kesetiakawanan sosial harus ditingkatkan.

"Dalam situasi saat ini empati dan rasa kesetiakawanan sosial kita diuji. Sebagai pejuang, kita menjawabnya dengan aksi-aksi nyata di lapangan," tandasnya.

HBK lantas meminta Tim HBK PEDULI Kota Mataram untuk terus turun ke masyarakat. Tim ini nantinya terus membantu dan mendampingi mereka pada saat-saat sulit seperti ini. (jl)

Posting Komentar

0 Komentar